LABUHA - Setelah menunggu beberapa bulan dan sempat menjadi polemik, sejumlah kepala sekolah di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) khusus Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) bisa bernapas lega.
    Pasalnya,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halsel sudah mencairkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada triwulan II tahun 2017. Ditemui Malut Post di sela-sela sosiaalisasi kegiatan rapat singkronisasi data, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halsel Umar Iskandar Alam mengatakan dana BOS baik SD maupun SMP telah dicairkan "Untuk triwulan II ini dana BOS kita cairkan 40 persen sesuai dengan juknis,"ujarnya. 
    Walaupun telah dilakukan pencairan bantuan operasinal sekolah (BOS), namun pihaknya belum bisa mencairkan secara keseluruhan lantaran sesuai dengan prosedur. Tapi  pencairan dilakukan secara bertahap. "Anggarannya dicairkan selama empat tahap," katanya.
    Menurut dia, pencairan tahap pertama dilakukan 20 persen,  tahap kedua 40 persen,  tahap tiga 20 persen dan tahap keempat 20 persen.
    "Sekarang sudah masuk tahap kedua yakni 40 persen, dimana dalam 40 persen itu 20 persen dipakai belanja buku yang dilampirkan dengan e katalog dan 20 persen di gunakan belanja rutin sekolah,"tutupnya.(cr-07/kox)