LABUHA—Setelah melakukan verifikasi faktual Daftar Pemilih Sementara (DPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah melakukan pleno DPS ke Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dalam pleno DPS ke DPT, jiwa pilih dibeberapa kecamatan mengalami kenaikan, juga mengalami penurunan.
Data yang diperoleh Malut Post, kecamatan yang jiwa pilihnya mengalami penurunan diantaranya Kecamatan Pulau Makian. Hasil pleno DPS beberapa waktu lalu jumlah DPS kecamatan Makian sebanyak 9.786 jiwa pilih dan hasil pleno DPT mengalami penurunan menjadi 9.505 jiwa pilih.
Kemudian Kecamatan Bacan di DPS sebanyak 19.935 jiwa pilih ke DPSHP atau DPT mengalami penurunan menjadi 15.288 jiwa pilih atau turun sebanyak 4.647 jiwa pilih. Begitu juga Kecamatan Makian Barat  di DPS sebanyak 15.288 jiwa pilih dan hasil pleno DPT sebanyak 3.139 Jiwa pilih. 
Sementara itu, kecamatan Bacan Timur mengalami kenaikan dari DPS ke DPT yakni DPS kecamatan Bacan Timur sebanyak 9.714 jiwa dansaat  pleno DPT mengalami kenaikan menjadi 9.961 jiwa. Begitu juga kecamatan Kayoa mengalami kenaikan yakni DPS sebanyak 7.797 jiwa pilih terjadi kenaikan di DPT menjadi 7.899 jiwa.
Amatan Malut Post, seluruh kecamatan tampaknya telah selesai melakukan pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) atau Daftar Pemilih Tetap DPT karena rata-rata Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah berada di Labuha. Pleno DPT sendiri Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Halsel menjadwalkan pada Jumat (2/10) malam. “Sesuai dengan jadwal dan undangan yang telah bagikan pleno DPT pada jumat malam pukul 20.00 wit,” tutur Faris Hi Madan anggota KPU Halsel kemarin. (ato/wat).