Perekaman biodata e-KTP Perekaman biodata e-KTP

MABA – Perekaman biodata pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di Halmahera Timur (Haltim) tidak maksimal. Pasalnya, dari jumlah 68.320 penduduk wajib KTP ini baru 50.052 jiwa yang melakukan perekaman.”Jadi masih tersisa 18.268 jiwa yang hingga kini belum perekaman e-KTP,”kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Irawan Hi Ma’bud, Rabu (11/1).
    Irawan mengatakan, data tersebut diambil Desember 2016 lalu, dengan menyusuri 5 desa di Kecamatan Wasile Selatan.”Jadi dari 24 desa, 5 desa diantaranya sudah tuntas. Tinggal 18 desa yang belum. Makanya, Januari ini akan diselesaikan sebab deadline pemerintah pusat Agustus 2017,”ungkapnya. Model pelayanannya turun langsung ke Kantor Kecamatan dan mengajak warga melakukan perekaman melalui aparat desa.
    Selain perekaman, juga diikuti pendataan.”Jadi yang belum memiliki dokumen kependudukan lainnya kita data dan dibawa ke kantor untuk dinamisasi kembali. Setelah itu baru kartunya kita terbitkan,”jelasnya. Sementara kendala yang dihadapi hanyalah akses transportasi dan anggaran. Meski demikian semuanya akan segera diatasi.(cr-01/met)