MABA – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Pemkab Halmahera Timur berencana menertibkan padagang illegal di Pasar Soagimalaha dalam waktu dekat. Ini dilakukan untuk mencaritahu laporan adanya pedagang nakal yang melakukan aktivitasnya secara illegal.”Penertiban nanti akan kami cek administrasinya, berupa Surat Izin Tempat Usaha (SITU) yang belum diperpanjang dan belum diurus,”kata Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Disperindagkop Susanti, Minggu (18/6).
    Menurutnya, untuk langkah awal pihaknya masih akan melakukan pemutakhiran data untuk mencari tahu jumlah pelaku usaha di Haltim."Pemutakhiran ini datanya cukup melalui kepala desa aja, karena mitra kita yang terkecil adalah mereka dan pihak kecamatan,"ungkapnya. Pelibatan kades dan kecamatan ini karena jumlah SDM di Disperindagkop masih sangat kurang."Petugas kami terbatas, makanya data pemutakhiran ini melalui perangkat desa. Apalagi perangkat desa biasanya lebih mengetahui seluk-beluk dan keadaan pelaku usaha di desa,”ujarnya.
        Sementara keterlibatan kecamatan, akan diberikan kewenangan berdasarkan keputusan bupati 2016. Yakni diberikan kewenangan mengurus dan menerbitkan Surat Izin Usaha (SIU) dan SITU."Ini berdasarkan Perpres nomor 98 tahun 2014 tentang perizinan usaha mikro dan menengah. Jadi, kalau di kantor camat pemeriksaan yang kita lakukan hanya seputar administrasi izin usahanya saja,"ungkapnya.(cr-01/met)