BERBAHAYA- Jalan masuk ke Objek wisata Batu angus yang tidak diperhatikan, ini sangat membahayakan pengunjung BERBAHAYA- Jalan masuk ke Objek wisata Batu angus yang tidak diperhatikan, ini sangat membahayakan pengunjung

TERNATE – Objek wisata Batu Angus Ternate, makin menarik perhatian masyarakat. Buktinya, tingkat pengunjung di lokasi tersebut terus meningkat bahkan dari peningkatan kunjungan itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Ternate mulai menerapkan retribusi masuk, bagi pengunjung.
Sayangnya, hal ini justru berbanding terbalik dengan kondisi di sana, terutama jalan masuk yang sangat memperihatinkan. Pantauan Malut Post, jalan setapak masuk ke dalam kawasan batu angus ratusan meter itu lebih sangat berbahaya bagi pengunjung, apalagi yang menggunakan sepeda motor. Sebab, selain sempit jalan itu pun lebih banyak lubangnya, sementara di kanan kiri batu-batu tajam. “Pengunjung banyak yang mengeluh, jalan parah jadi ban motor mereka sering bocor,” kata Irman, saat ditemui di lokasi, (28/11). Padahal batu angus ini  sudah terkenal tapi kalau tidak diperhatikan fasilitas pendukungnya maka pengunjung akan malas datang, imbuhnya.
Terpisah, Kadisbudpar  Kota Ternate, Anas Conoras  saat dikonfrimasi  mengaku pemkot akan tetap berupaya untuk melengkapi fasilitas di lokasi wisata yang ada di Kota Ternate, untuk mendatangkan daya tarik bagi wisatawan asing yang bakal datang untuk menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Total. “Perbaikan sarana dan prasarana kawasan wisata Batu Angus akan dilakukan pada tahun m'endatang,” katanya, akhir pekan lalu.
Anggaran menjadi kendala utamanya. Karenanya pembenahan dilakukan secara bertahap. “Tahun ini kita baru mampu membangun Salter, MCK, pintu gerbang dan gazebo karena APBD terbatas,” jelasnya. (tr-04/nty)