BUTUH BANTUAN: Kondisi rumah warga tak mampu di Desa Pilowo Morotai Selatan. BUTUH BANTUAN: Kondisi rumah warga tak mampu di Desa Pilowo Morotai Selatan.

DARUBA - Program Dapur Sehat yang digelar Pemkab Pulau Morotai, mendapat apresiasi positif dari warga.
Kepada Malut Post, Kades Waringin Kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar) Hayatudin Samsudin mengatakan, program Dapur Sehat yang masuk dalam rencana  100 hari kerja Bupati/Wabup Benny Laos-Asrun Padoma, disambut baik warganya. Sebab program ini bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.  Program akan mengubah kondisi dapur  masyarakat kurang mampu,  menjadi dapur yang bersih dan sehat, karena akan dilengkapi sarana MCK (mandi, cuci, kakus) yang memadai.
Terpisah Kabag Humas dan Protokoler  M. Syarif Ali menjelaskan, program Dapur Sehat menjadi harapan bupati  dan wabup, karena  bertujuan untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan dapur sehat  bagi keluarga kurang mampu. "Untuk itu diharapkan kepada para koordinator desa (kordes) dan kepala desa (kades) yang dipercayakan untuk menginventarisir atau mengidentifikasi  nama-nama Kepala keluarga (KK) penerima bantuan, memberikan data yang valid sehingga bantuannya tepat sasaran,” harapnya.
Dia menambahkan, kades dan kordes harus memperhatikan data-data fisik dan non fisik, seperti kondisi bangunan rumah dan dapur, serta  kondisi sosial ekonominya. "Program ini terus berkesinambungan, hingga  lima tahun kedepan,” jelasnya. (din/onk).