DARUBA –  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Pulau Morotai Kausil Umakaapa mengatakan kabut asap dan kebakaran  yang melanda beberapa wilayah di Pulau Morotai bukan tanggungjawab BPBD. Dia mengatakan itu tanggungjawab Dinas Tata Kota, Pertamanan, Kebersihan dan Pemadam Kebakaran (DTKPKPK) Morotai.
       “Kebakaran hutan bukan tugas BPBD. Itu tugas Tata Kota Pertamanan, Kebersihan dan Pemadam Kebakaran. Jadi silahkan tanya mereka," kata  Kausil, saat dikonfirmasi Malut Post, soal penanggulangan bencana kabut asap,  Jumat (23/10).

       Awalnya, kata Kausil, kebakaran merupakan tanggung jawab BPBD.  Namun sejak pemadam kebakaran melekat sama Dinas Tata Kota sehingga dialihkan ke tata kota. "Dulu melekat sama BPBD. Sekarang sudah di tata kota.  Makanya ke tata kota dan tanyakan berapa titik api," ujarnya.

       Pernyataan Kausil ini disesalkan Kadis Kesehatan dr. Juliyus Giscardkroons. “Kasus asap dan kebakaran adalah isu nasional yang merupakan tupoksi BPBD sebagai badan pengelola bencana.  Kok,  begitu,"ujarnya  sembari menyampaikan seharusnya BPBD mengetahui berapa titip api dan kerugian yang dialami masyarakat terkait kebakaran lahan. (cr-07/kox)