TIDORE—Jelang Idul fitri seperti biasa harga sembako terutama bawang rica dan tomat (Barito), kian melonjak.  Kenaikan ini, karena alasan stok berkurang sehingga pedagang menaikkan harga. Di pasar Goto pedagang harus menaikkan harga  karena alasan stok yang kurang.
Pantauan Malut Post, harga tomat per kilo gram (kg) Rp 20 ribu. Padahal sekitar seminggu lalu harga tomat masih  pada kisaran  Rp 12 ribu per kg. Bawang merah, yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 40 ribu, kini naik menjadi Rp 50 ribu per kg.
Kenaikan harga sangat sangat signifikan terjadi pada produk bawang putih. Dimana  sekitar 2 minggu lalu harga  bawang putih masih dijual dengan harga Rp 45 ribu per kg.  Kini  di pasar Goto  sudah Rp 70 ribu per kg.  “Kenaikan harga ini karena stok mulai habis,” terang Bahruddin Uka salah satu pedagang di Pasar Goto  Minggu (18/6).
Kenaikan harga juga terjadi pada harga cabe keriting.Di mana sebelumnya hanya dijual di pasaran Rp 25 ribu, kini sudah Rp 40 ribu per kg. Sementara rica nona yang sebelumnya dijual Rp50 ribu per kg,   di pasaran Goto misalnya Rp 60 ribu per kg.  Sementara harga sembako yang masih stabil, yaitu minyak goreng telur serta sejumlah beberapa jenis bahan Sembilan bahan pokok lainnya. (far/ici)