UJI COBA: Salah satu peserta wanita dari komunitas Honda melakukan uji  braking skill pada ajang Astra Honda Safety Riding Instructor Competition di MPM Safety Riding Center, Surabaya. Ft Honda untuk Malut Post UJI COBA: Salah satu peserta wanita dari komunitas Honda melakukan uji braking skill pada ajang Astra Honda Safety Riding Instructor Competition di MPM Safety Riding Center, Surabaya. Ft Honda untuk Malut Post

TERNATE -  PT Astra Honda Motor (AHM) menguatkan komitmennya dalam kampanye keselamatan berkendara, dengan kembali menggelar Astra Honda Safety Riding Instructor Competition (AH-SRIC) di MPM Safety Riding Center, Surabaya. Gelaran tahunan ini kini dibuka semakin luas untuk para duta keselamatan berkendara di jaringan penjualan maupun komunitas Honda dari seluruh Indonesia.
Dalam rilis yang dikirim ke Malut Post sore kemarin (18/5), dijelaskan AH-SRIC digelar AHM sejak 2007 untuk meningkatkan dan menguji keterampilan instruktur safety riding Honda dari seluruh Indonesia. Para duta keselamatan berkendara ini memiliki kepedulian tinggi untuk menularkan ilmu keselamatan berkendara kepada masyarakat pengguna sepeda motor. Tahun ini, gelaran AH-SRIC 2017 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan menghadirkan untuk pertama kalinya kompetisi bagi advisor safety riding dari jaringan dealer Honda dan advisor wanita dari komunitas Honda yang berkompetisi di kelas skutik. Sebelumnya, kedua kelas ini dihadirkan di AH-SRIC sebagai kelas eksibisi dengan peserta terbatas.
General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra mengungkapkan, seiring semakin tingginya minat jaringan penjualan dan komunitas Honda untuk turut berperan serta menjadi duta keselamatan berkendara, tahun ini AHM memperluas kesempatan untuk menguji kompetisi safety riding di beberapa kelas baru untuk advisor dealer dan advisor wanita dari komunitas Honda. Kelas baru ini diharapkan dapat memperluas jangkauan edukasi keselamatan berkendara, termasuk bagi kaum hawa pengguna sepeda motor.
Dalam AH-SRIC 2017, AHM membuka 6 kategori kelas, yaitu instruktur kelas big bike, instruktur kelas sport,  instruktur kelas skutik, advisor dealer, advisor komunitas kelas sport, dan advisor komunitas kelas skutik. Seluruh kelas yang dilombakan ini diikuti secara antusias oleh 150 instruktur safety riding main dealer Honda, 2.000 advisor safety riding dealer Honda, dan 500 advisor safety riding komunitas Honda di seluruh wilayah di Indonesia. Seleksi di tingkat regional digelar oleh seluruh main dealer Honda dari Aceh hingga Papua pada periode Desember 2016 - Februari 2017.
Pada tingkat nasional (16-17/5), AH-SRIC 2017 diikuti oleh 66 instruktur safety riding Honda, yaitu 17 instruktur di kelas big bike, 39 instruktur untuk kelas sport, dan 10 instruktur wanita di kelas skutik. Untuk kelas khusus advisor safety riding dari jaringan dealer Honda, dibuka kompetisi untuk pertama kalinya bagi 23 advisor. Peran serta duta keselamatan berkendara dari komunitas Honda pada AH-SRIC 2017 diwakili 32 advisor safety riding komunitas di kelas sport dan 19 wanita advisor safety riding komunitas di kelas skutik.
AH-SRIC 2017 diselenggarakan di MPM Safety Riding Center Surabaya yang merupakan salah satu dari 5 safety riding center (SRC) Honda di Indonesia. Selain Surabaya, SRC Honda terdapat di wilayah Banten, Tangerang, Jambi dan Yogyakarta. SRC Honda dapat digunakan masyarakat pengguna motor untuk belajar mengenai keselamatan berkendara yang akan didampingi oleh instruktur berpengalaman dalam safety riding.
Sementara PT. Daya Adicipta Wisesa mengutus instruktur Safety Riding terbaiknya yakni Jerry Tupelu, Edwin Gulla, Claudia Manuata, Toetoe Hassan dan Waraney Tololiu. (onk).