KURANG TERTATA: Kawasan wisata Pantai Sulamadaha kurang tertata dengan baik. Ft suryani KURANG TERTATA: Kawasan wisata Pantai Sulamadaha kurang tertata dengan baik. Ft suryani

TERNATE - Pendapatan pedagang di kawasan wisata Pantai Sulamadaha turun. Ini karena pengunjung berkurang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Menurut Mimi, pedagang, dulu pendapatan mereka dalam sehari pada hari biasa (Senin-Jumat) bisa mencapai Rp 400 ribu - Rp 700 ribu. sedangkan di hari Sabtu-Minggu mencapai Rp 1 juta lebih. “Saat ini di hari biasa hanya Rp 40 ribu, bahkan kadang tak ada sama sekali. Pada Sabtu-Minggu paling tinggi Rp 250 ribu.
Dia mengaku salah satu penyebabnya karena saat ini warga lebih cenderung berwisata di Pantai Jikomalamo. Pengunjung juga merasa karcis masuk di Sulamada lebih tinggi, namun fasilitasnya kurang. Dia meminta Pemkot Ternate melakukan pengawasan terkait harga karcis masuk, yang sebetulnya hanya Rp 2.000, namun praktiknya mencapai Rp 4.000 - Rp 5.000. “Kami sudah sampaikan ke Dinas Pariwisata dan wali kota untuk menata kawasan Sulamadaha namun belum teralisasi. (mg-02/onk).