PENGEMBANGAN: Pelabuhan Ahmad Yani Ternate akan mengoperasikan container crane pada akhir tahun ini. ft dok/mp PENGEMBANGAN: Pelabuhan Ahmad Yani Ternate akan mengoperasikan container crane pada akhir tahun ini. ft dok/mp

TERNATE - Proyek pengembangan dermaga Ahmad Yani Ternate hampir memasuki tahap akhir. Diperkirakan pembangunan dermaganya selesai November ini. 
Menurut Supervisior Bongkar-Muat PT Pelindo Cabang IV Ternate Harun Wahab mengatakan, dengan selesainya pembangunan dermaga pakai langsung dipasang container crane. Seiring dengan itu, pelayanan bongkar muat ditambah menjadi 24 jam, sehingga proses bongkar-muat masing-masing kapal menjadi hanya satu hari. “Kalau sekarang butuh waktu antara dua hingga tiga hari, karena aktivitas di pelabuhan hanya di siang hari” tuturnya.
Dia menambahkan target bongkar-muat container tahun ini mencapai 45 ribu boks, namun dari tahun 2016 yang hanya 42 ribu boks. “Semester pertama mencapai 25 ribu boks. Pada triwulan pertama semester dua sudah mendekati target, jadi kemungkinan hingga akhir tahun akan melewati target 45 ribu boks,”  ujarnya dengan nada optimis. (mg-02/onk).