TERNATE – Peredaran minuman keras (Miras) di Maluku Utara (Malut) terbilang cukup tinggi. Biro Operasional (Ops) Polda Malut memiliki data terkait penanganan barang haram tersebut. Data menunjukan setiap pekan polisi berhasil mengamankan ribuan miras berbgai jenis.
Karo Ops Polda Malut, Kombes (Pol) Juwari mengatakan dari data penangkapan miras berbagai jenis terhitung pada tanggal 22 sampai 28 Oktober tercatat 2757 botol. Data tersebut, kata Juwari, belum ditambah Polres lainnya, yang apabila digabungkan maka akan bertambah lagi jumlahnya. ”Bayangkan saja dalam seminggu saja sudah begitu banyak yang diamankan, bagaimana jika dalam setahun. Ini apabila dibiarkan, bias menimbulkan kekacauan dimana-mana,” ujarnya.
Menurutnya, jika miras tersebut dihitung-hitung kasar dengan captikus yang harganya Rp 30 ribu jika dikalikan dengan jumlah tangkapan miras tersebut maka terdapat ratusan juta. ”Dalam seminggu saja polisi bisa menyelematkan uang masyarakat dengan jumlah ratusan juta, toh jika miras ini dibiarkan dan dibeli masyarakat,” tuturnya.
Dengan melihat marakanya peredaran miras yang begitu banyak, pihaknya terus meningkatkan pengawasan di setiap pelabuhan, baik masuk maupun keluar. Hal ini dilakukan untuk menutup ruang gerak para pengedar miras.(tr-03/lex)

Yang Lain di Kategori ini : « Biaya Hidup Rp 6,4 Juta per Bulan