PERJUANGAN: Banyak pengunjung yang rela menginap di sekitar venue agar bisa memasuki area expo seawal mungkin. Foto kanan, Ariyanti KR di depan pintu masuk D23 Expo di pelataran Anaheim Convention Center PERJUANGAN: Banyak pengunjung yang rela menginap di sekitar venue agar bisa memasuki area expo seawal mungkin. Foto kanan, Ariyanti KR di depan pintu masuk D23 Expo di pelataran Anaheim Convention Center

Wahana Star Wars Akhirnya Pamer Maket

Belum juga dibuka resmi, D23 Expo sudah memberikan kejutan besar. Untuk kali pertama Disney membuka selubung gambaran wahana Star Wars. Proyek theme park epik itu mereka akui sebagai yang paling ambisius.

ARIYANTI K.R., Anaheim

YANG mendapat undangan ke malam preview D23 Expo di Anaheim Convention Center pada Kamis malam waktu setempat (13/7) atau kemarin siang WIB tergolong orang-orang beruntung. Termasuk Jawa Pos, hehehe...
Kami menjadi penikmat perdana gambaran wahana Star Wars. Begitu selubung dibuka, berbagai ujaran kagum spontan meluncur.
Tak banyak yang tahu bahwa kami akan mendapat privilege tersebut. Memasuki area ekspo, kami diajak melihat pertunjukan musikal singkat serta berbagai properti film Pirates of the Caribbean. Setelah itu, kami dibawa ke wilayah A Galaxy of Stories.
Berbagai properti ikonik Star Wars terpajang di sana. Termasuk seragam Letnan First Order. Tiga Stormtrooper berkeliling siap diajak foto bareng.
Kami digiring menuju ke sebuah spot yang ditutupi selubung. Kami diminta berbaris rapi. Beberapa menit kemudian, kami menyadari apa yang ada di balik selubung di hadapan kami itu. Adrenalin pun terpacu, deg-degan abis menanti apa yang akan terjadi.
Benar saja, beberapa menit menunggu dalam kegairahan, Chairman Walt Disney Co. Parks and Resorts Bob Chapek membuka selubung tersebut. Maket sepanjang hampir 16 meter itu terpampang gagah. Belum jadi sempurna, tapi sudah bisa dibayangkan bagaimana bentuk akhir taman bermain yang dibangun sejak April 2016 itu. ’’Maket ini dibuat oleh tangan-tangan berbakat dari divisi Imaginers. Semua yang ditampilkan di sini tak diragukan lagi bisa terasa begitu nyata nanti,’’ ujar Chapek.
Wahana yang namanya belum diungkapkan itu dibangun di dua taman bermain Disney sekaligus. Yakni, Disneyland, Anaheim, California, dan Disney Hollywood Studios, Orlando, Florida. ’’Ini merupakan proyek kami yang paling ambisius,’’ ujarnya.
Disney ingin benar-benar bisa memuaskan fans Star Wars yang dikenal begitu militan itu. Para pencinta saga luar angkasa ciptaan George Lucas tersebut akan dibawa ke sebuah dunia baru yang bisa langsung mengikat emosi.
Wahana itu dibangun di atas tanah seluas 5,6 hektare. Suasananya dibuat dinamis. Dari satu ujung ke ujung lainnya, pengunjung dibawa merasakan nuansa yang berbeda. Melihat bentukannya, tempat itu tidak merujuk pada satu planet khusus di galaksi Star Wars.
Menurut situs resmi Disney Parks Blog, theme park satu tema terluas yang dimiliki Disney itu digambarkan sebagai sebuah planet yang tak pernah diketahui sebelumnya. Ia merupakan planet transisi sekaligus pemberhentian terakhir sebelum memasuki luar angkasa liar tempat para karakter Star Wars berasal.
Di dalam wahana, pengunjung bisa menikmati berjalan di medan berbatu dengan vegetasi subur. Naik turun hingga bentuk keterjalannya terasa natural. Lalu, ada bangunan-bangunan eksotis berdinding tanah beratap kubah.
Meski berupa planet baru, fans tak perlu khawatir terasa ’’asing’’. Sebab, lanskap dan arsitekturnya sangat khas Star Wars. Semua didukung teknologi canggih untuk menghasilkan sensasi luar angkasa sebenarnya.
Dua pesawat yang tersedia bisa dijajal. Ada Millennium Falcon yang diubah menjadi simulator berkendara. Pengunjung bisa menikmati rasanya mengendarai pesawat yang pernah menjadi tunggangan Han Solo dan Chewbacca dalam Galactic Civil War itu. Yang kedua adalah pesawat First Order yang digunakan untuk melawan Resistance, TIE Fighter. ’’Mengendarai ini akan merasakan petualangan yang sangat intens. Sangat bersejarah,’’ ungkap Chapek. Sejumlah droids dan alien juga diperlihatkan. Ada pula kumpulan orang seperti di pasar Tatoonie atau Naboo.
Scott Mallwitz, executive creative director Disney Imagineering, menjelaskan, ada tiga pintu masuk yang disediakan. Setiap pintu memberikan cerita masing-masing. Bayangkan deg-degannya saat melewati satu pintu yang diisi penuh oleh pasukan First Order. Rasanya pasti berbeda sekali ketika melewati pintu lain yang diisi anggota Resistance.
Untuk tempat makan, dua wahana itu sama-sama dilengkapi dua resto bertema. Para waitress akan tampil seperti penduduk Star Wars. Yang lebih seru, pengunjung tidak hanya bisa menjajal berbagai mainan. Mereka juga diajak untuk bermain peran. ’’Ketika melewati satu tempat, bisa saja kamu diajak bergabung di Light Side atau Dark Side,’’ kata Mallwitz.
Apakah mau bergabung sebagai mata-mata, menjadi anggota Resistance, atau malah menjadi pasukan First Order, semua bisa. Setiap peran itu diharapkan bisa memberikan pengalaman tak terlupa. ’’Tapi, pilihanmu itu sebetulnya bisa menunjukkan orang seperti apa kamu sebenarnya,’’ kata Mallwitz, lalu tertawa.
Sebelumnya, tidak banyak informasi tentang wahana prestisius tersebut. Segala hal tentang Star Wars memang dikenal eksklusif dan serbarahasia. Pihak Disney tak mudah membeberkan informasi. Tapi, menurut Chapek pembangunan sudah berjalan sesuai dengan rencana. Dia tidak bisa menyebutkan berapa persen yang sudah selesai. ’’Sudah pas dengan jadwalnya,’’ ujarnya.
Rencananya, tempat yang dibangun dengan biaya sekitar USD 1 miliar (Rp 13 triliun) masing-masing itu dibuka pada tahun yang sama, 2019.
Sementara itu, D23 Expo akan dimulai pagi ini WIB. Chapek berjanji bercerita lebih panjang tentang tanah Star Wars tersebut dalam panel yang berlangsung Sabtu (Minggu WIB, Red). Namun, bisa dipastikan, setelah foto-foto maket tersebut tersebar, para fans semakin tak sabar untuk merasakan petualangan di galaxy, far, far away itu.(jpg/kai)