SEGERA DIPERBAIKI: jalan yang menjadi satu-satunya akses menuju makam Babullah rusak parah. Kerusakan tersebut sudah sejak tujuh tahun silam SEGERA DIPERBAIKI: jalan yang menjadi satu-satunya akses menuju makam Babullah rusak parah. Kerusakan tersebut sudah sejak tujuh tahun silam

TERNATE - Jalan menuju Makam Sultan Babullah yang terletak di Kelurahan Foramadiahi, dibangun pada Tahun 2007 silam. Namun, kini jalan tersebut kondisinya sangat memprihatinkan. Terdapat kerusakan di badan jalan tersebut kurang lebih 60 meter. Kerusakan itu bukan saja baru terjadi beberapa tahun belakang, namun kondisi jalan yang tidak layak itu sudah terjadi sejak tujuh tahun silam.
Anehnya, jalan yang paling dibutuhkan untuk digunakan ketika berjiarah tersebut justru tidak diperhatikan oleh pemerintah Kota. Padahal jalan tersebut merupakan satu-satunya akses menuju ke makam dan tidak ada jalan lain selain melewati jalan tersebut.
Dengan demikian, diharapkan kepada pemerintah Kota agar segera memperhatikan kerusakan jalan tersebut. Jika dalam waktu dekat pemerintah kota tidak menindaklanjuti persoalan ini maka terpaksa kami (warga) harus mengambil sikap untuk menutup serta tidak memperbolehkan setiap orang luar yang datang berziarah ke makam Babullah.
Perlu ditegaskan bahwa Babullah merupakan salah satu tokoh serta pahlawan yang berhasil mengusir penjajah dari jajirah Moloku Kie Raha. Karena itu, diharapkan agar pemerintah bisa memperhatikan kondisi jalan agar setiap orang bisa punya akses untuk mendatangi makam tokoh Moloku Kie Raha itu, terutama fasilitas pendukung seperti jalan yang sudah lama rusak.
Pengirim: Rudy Hi Djafar, Warga Foramadiahi