PARAH: ketinggian banjir mencapai lutut orang dewasa di pusat pertokoan, kawasan gamalama Ternate ketika terjadi hujan, Senin (8/5) kemarin PARAH: ketinggian banjir mencapai lutut orang dewasa di pusat pertokoan, kawasan gamalama Ternate ketika terjadi hujan, Senin (8/5) kemarin

HUJAN deras berlangsung baru beberapa jam pada Senin (8/5) kemarin, Kota Ternate sudah kebanjiran. Parahnya, hujan yang terjadi kemarin tidak berlangsung lama namun kondisi di pusat kota terlihat sangat memprihatinkan.
Apanya penyababnya. Padahal, Ternate ini dikan dengan salah satu Kota yang tidak pernah dilanda banji mesku hujan deras terjadi satu hari penuh. Namun, kondisi tersebut sudah terbalik. Ketika terjadi hujan deras beberapa jam saja, di titik-titik tertentu sudah digenangani air bahkan ketinggian air hingga mencapai lutut orang dewasa.
Kemarin, terlihat di kawasan pusat pertokoan mulai dari area Gamalama hingga depan Rumah Sakit Darma Ibu, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh tersumbatnya draenasi.
Kondisi yang demikian ini tentu membutuhkan kesadaran masyarakat, terutama tidak membuang sampah sembarangan. Sebab sampah yang dibuang tidak pada tempatnya, akan menyebabkan terbawa air ketika hujan dan hal itu akan membuat draenase tersumbat. Akibatnya sudah pasti terjadi banjir ketika turun hujan.
Tidak hanya kesaran masyarakat yang dibutuhkan, namun pemerintah kota dalam hal ini instansi terkait harus ekstra keras untuk giat membersihkan draenase yang dipenuhi sampah. Termasuk juga memperbaiki sejumlah draenase yang sudah rusak di titik-titik tertu di kota ini. (*)
Pengirim: Ilham, Warga Ternate