MACET: kondisi di jalan kawasan Pasar Gamalama Ternate terlihat padat MACET: kondisi di jalan kawasan Pasar Gamalama Ternate terlihat padat

MACET adalah persoalan yang lumrah terja di mana-mana, baik di kota besar maupun kecil. Di Kota Ternate, kondisi ini memang sering terjadi dan tentunya dapat menghabat aktivitas masyarakat. Kemacetan juga suda menjadi satu persoalan yang sulit untuk di atasi. Persoalan macet  di kota Ternate bisa dibilang suda menjadi hal yang biasa, kerena memiliki kendaraan yang begitu banyak sementara ruas jalannya masih cukup kecil.
Kemarin, kondisi kemacetan terjadi di jalan pasar Gamalama Ternate, bahkan hal itu terjadi berulang-ulang. Apalagi, di saat momen-momen tertentu atau di saat warga berbondong-bondong melakukan aktivitas di pasar.
Salah satu pengguna jalan, Ical (22) mengatakan, kemacetan di Pasar Gamala ini bukan baru terjadi, tetapi suda berulang kali. Menurutnya, macet di kawasan Gamalama itu salah satunya akibat dari pengendara rodar empat yang sering memarkir mobil di tepi jalan, bahkan ada yang tidak beraturan.
Menurutnya, persoalan macet ini harus lebih diperhatikan, kerena selain mengganggu ketertiban umum jugan memperhambat aktivitas masyarakat. Oleh karena itu, butuh kesadaran seluruh elem masyarakat yang ada di Kota Ternate khususnya penguna kendaraan baik roda empat maupun roda dua. (*)
Pengirim: Bahtiar Idris, Mahasiswa Magang Universitas Bumi Hijra