BERBAU: Drainasi yang rusak akibat akar pohon yang sudah membesar BERBAU: Drainasi yang rusak akibat akar pohon yang sudah membesar

TERNATE - Bau menyengat berasal dari salah satu drainase di Kelurahan Santiong, samping Emeral Hotel sangat mengganggu warga sekitar. Hal ini disebabkan, selain sampah juga ada pohon di sekitar draenase itu yang akarnya dapat merusak drainase.
Nila (35), salah satu pemilik kios mengeluhkan bau tersebut karena sangat mengganggu mereka yang berada di areal tersebut. “Bau got (drainse) ini sangat mengganggu sekali, apalagi tidak terjadi hujan saluran penuh dengan air,” katanya, Selasa (8/8).
Nila menyebutkan, kondisi drainase yang rusak parah itu akibat akar pohon yang menjalar masuk ke dalam drainase sehingga menghambat saluran air. “Kalau musim panas baunya sangat kuat (menyengat) setiap hari kita bersihkan tetap sama saja,” keluhnya.
Menurutnya, pepohonan yang besar di pinggir jalan ini tidak lagi menjadi keindahan kota tetapi menimbulkan masalah. Tak hanya itu, ada sejumlah selokan dipenuhi sampah berupa botol mineral dan kemasan makanan ringan. “Ini membutuhkan penanganan serius dari pemerintah. Kalau dibiarkan, lingkungan bisa rusak,” ucapnya. (*)
Pengirim: Rofika Abdulah, Mahasiswa Magang Universitas Bumi Hijra