TAK TERURUS : Kondisi air Ake Gaale di Kelurahan Sangaji sesekali mengeluarkan bau yang tak sedap TAK TERURUS : Kondisi air Ake Gaale di Kelurahan Sangaji sesekali mengeluarkan bau yang tak sedap

SEPANJANG Ake Gaale penuh dengan lumut, sampah  dan mengeluarkan bauh yang tak sedap. Hal ini akibat dari mata air Ake Gaale tidak berfungsi.
     Salah satu factor tidak berfungsinya mata air itu karena pihak PDAM menggali sumur dengan berkedalaman 15 m, yang berjarak dari mata air Ake Gaale sekitara 30 m. Tak hanya itu, sumur warga kelurahan Sangaji di sekitar Ake Gaale juga tidak dapat berfungsi lagi.
     Data-data yang telah di kumpulkan  dari organisasi MAPALA dan hasil wawancara dari warga sekitar, hal itu dipengaruhi dengan penggalian sumur yang berada di PDAM. Dan mesin pompa yang bekerja di sumur tersebut sebanyak empat (4) mesin.
     Ada beberapa warga sangaji yang menjadi korban bau Ake Gaale mengatakan, mulai dari tahun 2014 sampai dngan 2017 warga sekitar menjadi korban bau Ake Gaale. Bukan hanya bau air, tetapi ketika air laut pasang memasuki air ake gaale kami menjadi korban karena air laut tergenang di beberapa ruma di sekitaran Sangaji RT 03/RW 04. 
     Ini kiranya menjadi perhatian serius terhadap pemerinta kota Ternate, agar dapat membangun talut di sekitaran ake Gaale. (*)
     Pengirim: Saiful Susodu, Mahasiswa PPL IAIN Ternate