Krisis Air Bersih, Warga Kalumpang Gunakan Air Profil

  • Wednesday, Sep 13 2017
KRISIS AIR BERSIH: Kelurahan Kalumpang, tepatnya di RT.02/RW.002 tengah menderita air bersih sudah sejak dua bulan terakhir ini KRISIS AIR BERSIH: Kelurahan Kalumpang, tepatnya di RT.02/RW.002 tengah menderita air bersih sudah sejak dua bulan terakhir ini

AIR macet di kelurahan Kalumpang suda dua bulan lamanya. Meski demikian, pihak PDAM tidak peduli terhadap kebutuhan utama yang paling dibutuhkan manusia itu. Hal ini terjadi di Kelurahan Kalumpang RT.02/RW.002. dengan kondisi demikian, Warga sekitar pun mengeluh. Diharapkan, masalah tersebut diperhatikan oleh pihak terkait, terutama pihak PDAM.
      Salasatu warga di Kelurahan Kalumpang, Nan mengatakan, kurang lebih suda dua bulan lamanya waraga di sekitar RT.02 itu krisis air. Nan mengatakan, meski tidak dapat menikmati air selama itu tapi warga tetap menunaikan kewajiban untuk membayar setiap bulan.
      “Kami bayar setiap bulan, tapi kenapa dari pihak PDAM tidak peduli dengan air yang macet ini. Padahal kami suda menginformasikan pada pihak PDAM,” kata pria yang dipanggil Pak Nan itu.
      Nan berharap, phak PDAM bias sesegera mungkin memperhatikan kemacetan air di RT 02 itu. Sebab, air adalah kebutuhan yang paling diutamakan oleh kehidupan manusia. Menurutnya, dengan tidak tersalurnya air di RT 02 itu maka, warga sekitar harus menggunakan air dari profil yang dibeli. Menurutnya, harga satu profil dibeli dengan harga 75 ribu. Dan itu hanya dipakai selama tiga hari. Nan menjelaskan, jika ditotalkan selama dua bulan maka, masing-masing rumah harus menghabiskan 22 profil air. Dan jika dikalikan dengan 75 ribu per profil maka harus menghabiskan uang sebesar 1.650.000.
“Sudah begitu, kami juga harus membayar air dari PDAM. Suda berapa uang yang kami keluarkan dalam dua bulan ini. Sedangkan kami hanya wira suasta tak jelas yang pekerjaan kami,” keluhnya. (*)
Pengirim: Saiful Sosudo, Mahasiswa PPL IAIN Ternate