Kurangi Beban Warga, TNI Ajarkan Cara Pembuatan Pupuk Organik

  • Tuesday, Oct 17 2017
PEMBUATAN PUPUK: TNI Satgas TMMD ke-100 Kodim 15-5/Tidore mengajarkan warga bagaimana membuat pupuk organik PEMBUATAN PUPUK: TNI Satgas TMMD ke-100 Kodim 15-5/Tidore mengajarkan warga bagaimana membuat pupuk organik

KALI ini Satgas TMMD ke-100 Kodim 1505/Tidore beraksi lagi dengan melaksanakan sosialisasi tentang cara membuat pupuk organik tanaman hortikultura. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Talagamori Kec. Oba Kota Tidore Kepulauan Prov. Maluku Utara.
Kapten Inf Andy Purwanto Pasiter Kodim 1505/Tidore selaku koordinator sekaligus pemberi materi menyampaikan, bahan-bahan dalam pembuatan pupuk organik tanaman hortikultura adalah pepaya, cabai, semangka, nanas, air beras, ragi, gula merah, daun-daunan serta sisa makanan yang sudah membusuk. Selanjutnya bahan-bahan tersebut dipotong-potong atau di blender lalu dimasukkan kedalam jerigen besar untuk ditunggu proses fermentasinya.
Beberapa warga masyarakat yang hadir dalam kegiatan mengatakan bahwa mereka baru tahu kalau pembuatan pupuk organik bisa menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Ini merupakan strategi yang dapat dilaksanakan dengan tujuan utama untuk menekan jumlah limbah dan biaya pengangkutan. Hal senada juga disampaikan oleh Sdr. Irwan salah seorang warga yang mengikuti kegiatan sosialisasi, dirinya akan mencoba mempraktekkannya di rumah.
“Semua bahan-bahan cukup mudah diperoleh dan potensial sebagai sumber hara untuk campuran tanaman pada saat pengomposan,” ujarnya.
Dandim 1505/Tidore selaku Dansatgas TMMD Ke-100 Oba mengatakan bahwa, pemberian sosialisasi tentang pengetahuan pembuatan pupuk organik tanaman hortikultura tersebut bertujuan untuk membantu mengurangi kesulitan masyarakat dengan makin meningkatnya harga pupuk serta untuk meningkatkan hasil pertanian demi kesejahteraan masyarakat sekitar khususnya warga Talagamori. (*)
Pengirim: Penrem 152/Babullah