TERNATE - Pengadilan Negeri (PN) Ternate yang saat ini masih berstatus kelas IB. Rencananya akan naik kelas, setelah dilakukan pemeriksaan akreditasi oleh tim penilai dari Mahkamah Agung (MA). 
Pemeriksaan yang berlangsung selama dua hari tersebut tidak hanya memeriksa pelayanan publik terutama dalam bidang hukum. Tim juga menyusuri halaman serta fasilitas yang disiapkan untuk seluruh masyarakat  termasuk warga yang memiliki keterbatasan fisik. Terkait hal itu, PN Ternate telah menyiapkan kursi roda maupun areal khusus warga yang menggunakan kursi roda.
Humas PN Ternate Aris Fitrah Wijaya menjelaskan, tim tersebut telah melakukan pemeriksaan dokumen, SDM hingga fasilitas pelayanan publik yang ada di PN. Menurutnya, salah satu yang menjadi sorotan tim, ialah ruang sidang anak. Sebab ruang sidang masih menggunakan ruang sidang pidana umum lainnya. ”Sementara kita masih perbaiki karena ruang sidang anak itu ada di lantai dua dan bentuk ruang sidangnya pun sedikit berbeda, ” kata Aris Kamis (15/6).
Dia menambahkan PN Ternate sudah selayaknya statusnya dinaikan menjadi kelas IA. Sebab, selain berada di provinsi fasilitas PN Ternate serta pelayanan publik juga sudah mendekati maksimal. (cr-02/lex).