OPERASI: Aparat kepolisian sudah melakukan pengamanan di jalan raya selama Ramadan. OPERASI: Aparat kepolisian sudah melakukan pengamanan di jalan raya selama Ramadan.

TERNATE -  Polda Malut bakal menggelar operasi Ramadniya mulai 19 Juni mendatang. Kapolda Brigjen (Pol) Tugas Dwi Apriyanto mengatakan, pihaknya akan menjamin keamanan, kenyamanan serta ketenteraman masyarakat dalam menyongsong perayaan Idul Fitri. “Kami lakukan pengamanan pada pusat keramaian serta mengamankan pergerakan atau perpindahan orang dari satu tempat ke tempat lain. Kita juga menjamin perayaan Idulfitri berjalan baik,” katanya.
Kapolda memaparkan, pengamanan dilakukan di seluruh Malut.  "Fokus kita di pelabuhan-pelabuhan dan bandara baik di pelabuhan Ternate, Tidore, Halbar, Halsel, Kepsul, Taliabu, Morotai, Halut hingga pelabuhan di Halteng," tuturnya. Terkait pengamanan Morotai, kapolda mengaku ada perhatian khusus. Karena kawasan itu rawan menjadi pintu masuk kelompok radikal dari Filipina. “ISIS lebih memilih Morotai ketimbang di Sulawesi Tengah,” tuturnya.
Lanjut kapolda, saat ini sebagian personil gabungan sudah terjun ke Morotai.  Sebab ini merupakan instruksi langsung dari kapolri untuk memperketat pengawasan di Morotai.
Selain Morotai, pihaknya juga melakukan pengawasan di Halmahera Timur (Haltim) sebab berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik   "Saat ini kita masih menindaklanjuti informasi dari intelejen, dan saya juga mengirimkan beberapa personil Polairud ke Sulut untuk mencari informasi terbaru," ujarnya. Antisipasi terhadap kelompok radikal tidak hanya difokuskan kepada orang asing melainkan juga difokuskan terhadap penduduk Malut yang bersimpati kepada kelompok tersebut. (tr-04/lex).