TERNATE – Kapolres Ternate AKBP Kamal Bahtiar mengimbau masyakat agar tidak mudah percaya terhadap informasi di media sosial (Medsos) terkait beredarnya bahan pangan palsu di pasar.
Menurut Kapolres, sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya bahan pangan palsu seperti yang beredar informasi. ”Belum ada yang kami temukan. kemarin masalah beras palsu sempat beredar di medsos, tapi kami belum temukan. Kayaknya sedang trend berita hoax di Ternate ini,”katanya.
Dikatakannya, polisi sampai saat ini masih melakukan monitoring dan belum menemukan seperti yang diinformasikan itu.
Untuk itu, Kapolres mengimbau masyarakat Ternate untuk tidak mudah percaya terhadap informasi tanpa dibuktikan dengan fakta kuat. ”kami imbau agar masyarakat jangan menelan begitu saja informasi atau berita yangg ada medsos yang tidak dibarengi dengan fakta yang jelas,”pintanya sembari mengatakan apalagi langsung disebarkan kepada masyarakat hingga menjadi viral kemana-mana. ”Akibatnya masyarakat menjadi resah,”sambungnya.
AKBP Kamal juga meminta apabila masyarakat mendapatkan berita di medsos, harus memastikan kebenaran dulu dan harus memberian pemahaman bahwa dengan adanya berita hoax yang belum tentu benar. ”Masyarakat bisa melaporkan kepada pihak berwajib dan ikut memberikan pemahaman juga kepada orang lain,”tuturnya berharap.(mg-03/lex)