TERNATE – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Malut kembali menegaskan bahwa pihaknya serius mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung (MA) setelah Ahmad Hidayat Mus (AHM), terdakwa kasus dugaan korupsi anggaran pembangunan Masjid Raya Sanana divonis bebas oleh Pengadilan Negeri (PN) Ternate.
“Buktinya kami telah menggunakan hak hukum untuk meneliti berkas Kasasi pada 5 September 2017,”jelas Kasi Penkum Kejati, Apris Risman Ligua, Rabu (13/9).
Menurutnya, kalau misalnya Kejati tidak melakukan inzage terhadap berkas Kasasi, tentu saja tidak menimbulkan akibat hukum dan PN tetap berkewajiban menyerahkan atau mengirim berkas Kasasi dari jaksa itu ke MA. “Kami mendapat waktu tujuh hari untuk meneliti berkas dan itu hanya bersifat administrasi saja. Sementara untuk pengajuan Kasasi dan pengajuan memori Kasasi itu tentu ada akibat hukumnya,”jelasn Apris.    
Kini, kata Apris, Kejati menyerahkan dan mempercayakan sepenuhnya kepada PN untuk mengirim memori Kasasi ke MA, karena hal itu menjadi kewajiban PN.(tr-04/lex)