Berkas Fadli P19, Rusmini Masih Harus Diperiksa

  • Wednesday, Oct 11 2017
PEMERIKSAAN: Ketua DPRD Halteng Rusmini Sadar Alam keluar dari ruangan Reskrimum Polda usai diperiksa belum lama ini. PEMERIKSAAN: Ketua DPRD Halteng Rusmini Sadar Alam keluar dari ruangan Reskrimum Polda usai diperiksa belum lama ini.

TERNATE – Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Rusmini Sadar Alam masih akan diperiksa penyidik Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Malut. Politisi PDIP ini diperiksa untuk melengkapi berkas Fadli Tuanane, tersangka kasus dugaan suap penyidik.
Pasalnya, belum lama ini Kejaksaan Tinggi (Kejati) Malut menyatakan berkas Fadli belum lengkap, sehingga dikembalikan (P19) ke Polda untuk dilengkapi. Kejati juga telah memberikan petunjuk kepada penyidik, yakni harus memeriksa Rusmini Sadar Alam. Tercatat, berkas Fadli sudah dua kali P19, karena dianggap tidak lengkap oleh jaksa peneliti. 
Dir Reskrimsus Polda, Kombes (Pol) Masrur mengakui bahwa pihaknya sudah menerima P19 dari Kejati. Menurutnya, dalam petunjuk jaksa, penyidik Polda harus memeriksa Rusmini Sadar Alam. Ia memberikan isyarat, bahwa petunjuk jaksa itu Polda harus menetapkan Rusmini sebagai tersangka. “Dalam waktu dekat kami akan periksa Rusmini. Kami target dua pekan saja berkas tersangka Fadli ini selesai,”jelasnya pada Malut Post, Selasa (10/9).
Sekadar diketahui, Fadli Tuanane ditetapkan tersangka karena diduga menyuap penyidik Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda ketika mendampingi Rusmini Sadar Alam yang terjerat kasus pengrusakan fasilitas PT Fajar Bakti Lintas Nusantara (FBLN). Fadli berusaha menyuap penyidik Rp 10 juta agar kliennya Rusmini Sadar Alam tidak ditahan.(tr-03/lex)