Ilustrasi Ilustrasi

TERNATE – Seorang terdakwa kasus pemerkosaan menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Ternate, Selasa (10/10). Dia adalah Ramdani Yunus alias Alian. Pria 25 tahun ini divonis 7 tahun penjara oleh hakim PN. Ia dinyatakan terbukti bersalah menyetubuhi anak di bawah umur. Sidang dipimpin hakim Rahmat Selang.
Selain itu, Alian juga didenda Rp 1,5 miliar. Apabila terdakwa tidak membayarnya, maka diganti dengan tambahan kurungan 6 bulan.
Putusan hakim ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni 8 tahun penjara. Sedangkan, denda diberikan hakim kepada terdakwa, sama dengan tuntutan JPU.
“Terdakwa Alian terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 81 ayat 1 KUHP,”tegas hakim.
Sekadar diketahui, terdakwa merenggut kesucian gadis 13 tahun beberapa waktu lalu. Ceritanya bermula ketika korban menginap di rumah ibu angkatnya di Kelurahan Akehuda, Ternate Utara. Terdakwa adalah karyawan dari ibu angkat korban. Pada satu malam, terdakwa tidur di ruang tamu. Saat itu sebenarnya korban tidur di kamar ibu angkatnya. Hanya saja, karena di kamar itu ada suami dari ibu angkatnya, maka korban memiliki tidur di ruang tamu. Korban bahkan membangun pelaku yang sementara tertidur di sofa. Sofa itu kemudian digunakan korban untuk tidur.
Memanfaatkan situasi sunyi, sekira pukul 10.30, pelaku beraksi. Ia membuka pakaian korban kemudian menyetubuhi korban, bahkna hingga dua kali.(cr-04/lex)