Kolonel (Inf) Sachono Kolonel (Inf) Sachono

TERNATE – Tidak hanya Polda Malut dan Lanal Ternate, justru Korem 152 Babullah juga menyiapkan personelnya untuk mengamankan event Widi Internasional Fishing Tournament (WIFT). Bahkan, Korem juga telah menyiapkan konsep pengamanan dari jauh-jauh hari sebelumnya.
Korem 152 Babullah harus bersiap-siap mengamankan WIFT, karena event internasional itu rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo.   
Danrem 152 Babullah, Kolonel (Inf) Sachono mengatakan, meski belum ada kepastian apakah Presiden akan hadir, pihaknya wajib bersiap-siap. “Agar ketika Presiden benar-benar datang, kami sudah siap. Sementara ini Gubernur Abdul Gani Kasuba berada di Jakarta memastikan kehadiran Presiden,”katanya.
Menurutnya, kehadiran Presiden di Malut, pengamanannya menjadi tanggung jawab militer, dalam hal ini Kodam XVI Pattimura. Korem 152 Babullah adalah lembaga di bawah kendali Kodam XVI Pattimura.
”Kebetulan saya yang menjadi perpanjangan tangan dari Kodam untuk menyiapkan kesiapan kunjungan RI 1 ini. kami sudah sinkronkan dengan aparat yang lain. Kalau waktu dan tempat itu setelah kembalinya Gubernur dari jakarta sudah final, maka kami akan mantapkan kesiapan,”ujarnya.
Kehadiran Presiden di Malut, pengamanannya membutuhkan jumlah personel yang banyak. Apalagi rute Presiden di beberapa tempat, Ternate, Bacan dan Widi. “Baik personel Korem dan Kodim, sudah siap. Kalau situasinya berubah, maka kami akan menyesuaikan, termasuk kalau personel berkurang, kami datangkan personel dari Kodam,”tambah Danrem menjelaskan.(tr-03/lex)