Kolonel Laut (P) Rizaldi Kolonel Laut (P) Rizaldi

TERNATE – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ternate akan mengerahkan dua kapal perang untuk membantu pengamanan event Widi Internasional Fishing Tournament (WIFT). Lanal harus menurunkan dua kapal perang karena kegiatan ini rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo yang mestinya butuh pengamanan ekstra ketat.
“Dua kapal ini akan kami kerahkan ke Halmahera Selatan (Halsel) memback up pengamanan. Dua kapal itu KAL Tidore dan KAL Loloda dan satu unit Searider,”jelas Danlanal Ternate, Kolonel Laut (P) Rizaldi.
Hari ini (20/10) Lanal, Pemprov Malut dan pihak terkaitnya akan melakukan pertemuan di Royal Resto. Pertemuan ini membahas kesiapan event WIFT dan persiapan pengamanan.
“Kami menunggu hasil rapat ini. Yang jelas Lanal sudah siapkan dua kapal perang,”kata Danlanal.


Pengamanan WIFT, Polda Butuh Rp 1 Miliar
          Kepolisian Daerah (Polda) Malut akan menurunkan 700 personel untuk mengamankan event Widi Internasional Fishing Tournament (WIFT) di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Selain personel sebanyak itu, Polda juga akan menggiring sejumlah perlengkapan pengamanan, terutama di lokasi yang akan dikunjungi Presiden Joko Widodo.
Rencana Polda untuk menciptakan situasi kondusif selama event internasional ini berkangsung, tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Kapolda Brigjen (Pol) Achmat Juri mengatakan, pihaknya butuh anggaran Rp 1 miliar untuk pengamanan WIFT yang dimulai 25 Oktober 2017 ini.
Polda sendiri sudah mengajukan permohonan anggaran pengamanan itu ke Pemprov Malut. “Kami tinggal menunggu pencairannya saja,”jelas jenderal bintang satu itu.
Hari ini (21/10) Polda menggeser perlengkapan pengamanan ke lokasi WIFT yang nantinya disusul dengan pergeseran personel. Polda juga sudah melakukan gelar pasukan.

Kunjungan Kapolri
        Sementara itu, disaat fokus persiapan WIFT, jajaran Polda mendapat informasi bahwa Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian akan berkunjung ke Malut. Jenderal bintang empat itu kemungkinan tiba di Malut bersamaan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo untuk meresmikan event WIFT.
Kapolda Brigjen (Pol) Achmat Juri mengaku sudah mendapat informasi terkait kedatangan Kapolri. Tapi, pihak Mabes Polri belum memberikan kepastian ke Polda. 
“Memang ada informasi, tapi masih sebatas informasi saja. Kabarnya Kapolda akan datang bersama Presiden terkait agenda WIFT. Tapi ada kemungkinan pak Kapolri dampingi Presiden ke Malut,”katanya.(tr-03/lex)