TERNATE – Apes benar nasib Sartika Adref Amak alias Tika. PNS di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate ini dipidana, karena menikah dengan suami orang. Pernikahannya dengan Muhammad Asri pada Oktober 2016 lalu diketahui tanpa izin istri pertama Asri yang pertama. Akibatnya, Sartika dan Asri terseret ke ranah hukum.
Kini keduanya sudah berstatus terdakwa dan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Ternate, kemarin (19/10). Sidang yang dipimpin hakim Rahmat Selang kemarin dengan agenda pembacaan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).
JPU menjerat terdakwa Muhammad Asri pasal 279 ayat 1 ke 1 KUHP, sedangkan terdakwa Tika dijerat pasal 279 ayat 1 ke 2 KUHP. Menurut JPU, istri pertama Muhammad Asri tidak memberikan izin kepada suaminya untuk menikah lagi. Tanpa mengiraukan, Muhammad Asri memilih menikah kedua kalianya dengan Tika. Tak terima, istri Muhammad Asri mempolisikan keduanya.
“Dua terdakwa ini belum punya anak. Mereka menikah Oktober 2016 lalu,”jelas JPU. Sidang akan dilanjutkan pekan depan (26/10) dengan agenda Eksepsi dari kedua terdakwa.(cr-04/lex)