PENGHARGAAN: Karo SDM Polda Malut Kombes (Pol) Ihsan Amin (kiri) menerima penghargaan dari Menteri Yasona Laoly PENGHARGAAN: Karo SDM Polda Malut Kombes (Pol) Ihsan Amin (kiri) menerima penghargaan dari Menteri Yasona Laoly

TERNATE – Polda Malut dianggap sebagai salah satu mitra kerja untuk perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhkum-HAM). Polda Malut juga dianggap menrapkan pola clear and clean dalam perekrutan peneriman calon Tamtama Polri maupun Bintara Polri.
Senin (30/10) tiga hari lalu, Polda Malut melalui Karo SDM menerima penghargaan dari Kemenkum pada kegiatan hari Dharma Karya Dhika yang diselenggarakan di Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, menteri Yasona Laoly memberikan penghargaan kepada 25 instansi salah satunya termasuk Polda Malut.
Biro SDM Polda Malut juga dianggap telah menggelorakan semangat clear and clean pada perekrutan Polri dan dapat dicontohi instansi lain serta mendapat pengakuan. Karo SDM Polda Malut, Kombes (Pol) Ihsan Amin mengatakan bahwa Polda Malut dalam melaksanakan rekrutmen selalu menggunakan prinsip bersih, transparan, dan humanis (Betah). Pola perekrutan anggota Polri baik Bintara, Tamtama, dan Akpol mendapat apresiasi dari masyarakt luas. ”Polda Malut khususnya memberikan kesempatan dan peluang yang sama kepada semua calon anggota Polri melalui perekrutan proaktif clear and clean,” kata Ihsan.
Pola-pola seperti itu, menurut Ihsan, mendapat perhatian bagi instansi lain di luar Polri untuk ditiru. Hal ini juga dimintakan kepada Polri sebagai mitra dan pendamping dalam tes CPNS disemua item tes baik CAT, jasmani, dan sebagainya.(tr-03/lex)