RADAMEL Falcao RADAMEL Falcao

MONACO - Borussia Dortmund wajib menang di markas AS Monaco agar terus melaju ke semifinal Liga Champions. Trauma bom harus mereka tepikan agar tak lagi meraih hasil negatif di Stade Louis II.
    Dortmund menghadapi tugas berat untuk membalikkan keadaan melawan Monaco di leg kedua babak delapan besar, Kamis, 20 April, dinihari nanti. Setelah kalah 2-3 di pertemuan pertama di Signal Iduna Park, mereka wajib menang dua gol di Prancis untuk bisa ke empat besar.
    Karena itu, Pelatih Dortmund, Thomas Tuchel meminta anak asuhnya memfokuskan pikiran pada sepak bola setelah pada duel leg pertama kosentrasi mereka dirusak oleh serangan bom. Dalam insiden itu, tiga ledakan mengguncang mereka dalam perjalanan ke stadion yang membuat bek Marc Bartra mengalami patah lengan.
    Tuchel mengakui bahwa timnya tidak siap untuk bermain begitu cepat setelah serangan tersebut. Namun, setelah bangkit kembali dengan kemenangan 3-1 atas Eintracht Frankfurt di Bundesliga pada Sabtu lalu, Tuchel berharap anak asuhnya sudah benar-benar melupakan teror bom dan mengalahkan Monaco untuk lolos ke semifinal Piala.
    "Pemain saya telah menunjukkan karakter yang luar biasa, sudah pada hari Rabu (melawan Monaco) dan lagi (pada hari Sabtu). Saya pikir lebih mudah bagi para pemain untuk mengalihkan pikiran mereka saat mereka berada di lapangan. Kami memiliki interaksi yang indah dengan fans kami yang nalurinya untuk situasi seperti ini mungkin tidak ada duanya,” kata Tuchel di Reuters.
    Gelandang Dortmund, Shinji Kagawa menambahkan, para pemain memang harus berusaha mengatasi dampak dari serangan bom di leg pertama. Itu menurutnya dapat memberi mereka kekuatan untuk membalikkan keadaan dan mencapai semifinal Liga Champions.
    Para pemain Die Borussen sendiri telah berbicara dengan psikolog yang diberikan oleh klub untuk mengatasi trauma. Namun, kapten tim, Marcel Schmelzer menegaskan itu belum sepenuhnya membantu. "Ini tidak menjadi lebih baik bagi kita semua," kapten Schmelzer di The Guardian.
    Sudah unggul di leg pertama dan akan bermain di kandang sendiri pada laga penentuan dinihari nanti, kubu Monaco tetap waspada. Bek Monaco asal Polandia, Kamil Glik menekankan empat bek tengah harus waspada terhadap lini depan Dortmund yang sangat produktif.
    "Liga Champions menuntut kewaspadaan maksimal karena Anda melawan pemain terbaik, tapi kita harus bertahan sebagai tim karena ini adalah pekerjaan kolektif. Bagi kami pertahanan, melawan tim yang menyerang menuntut begitu banyak pekerjaan dan perhatian,” kata Glik di situs klub.
    Jelang duel hidup mati ini, Monaco mendapat modal bagus usai menang 2-1 atas Gijon akhir pekan lalu. Dan Pelatih Monaco, Leonardo Jardim berharap hasil itu bisa mereka lanjutkan. “Sekarang prioritasnya adalah beristirahat dengan baik sebelum kita bermain melawan Dortmund pada hari Rabu (Kamis Wita),” kata Jardim di RFI.
    Pada laga ini, tuan rumah tidak bisa diperkuat gelandang andalannya, Fabinho yang mendapat akumulasi kartu. Sedangkan tim tamu dipastikan akan kehilangan Marc Bartra, Mario Gotze, serta Andre Schurrle akibat cedera. (jpg/yun)