PEMANTAPAN: atlet Taekwondo Dragon Club (TDC) intens menajalani latihan persiapan menghadapi kejuaraan di Jogram Desember mendatang. PEMANTAPAN: atlet Taekwondo Dragon Club (TDC) intens menajalani latihan persiapan menghadapi kejuaraan di Jogram Desember mendatang.

TERNATE — Tim Universal Taekwondo Indonesia Profesional (UTI Pro) Taekwondo Dragon Club (TDC) Kota Ternate intens menjalani latihan. Program latihan yang digelar di aula Eks Kantor Gubernur itu adalah untuk menyiapkan atlet mengikuti Kejuaraan Taekwondo yang akan dilaksanakan di Jogja akhir tahun nanti.
“Kita siapkan 22 atlet untuk kejuaraan di Jogja itu. Jadi persiapan lebih awal biar atlet makin matang sebelum ikuti kejurnas nanti,” kata kepalah pelatih, Riza Zabrina, Rabu (19/4).
Tahapan latihan tersebut, pelatih fokuskan pada pemantapan fighter dan poomsae yang terdiri dari  gerakan dan teknik dasar. Menurut Riza, focus TDC untuk adalah yang paling pertama mengikuti kejuaraan di Jogja itu. Sementara untuk even-even lain, TDC belum punya rencana program. Selain penyiapkan atlet untuk ajang akhir tahun itu, para atelt taekwondo TDC juga menjalani latihan sebagai mana program klub, yakni pembinaan atlet usia muda.
“Latihan itu sudah jadi program kita di klub. Tapi untuk 22 atlet ini, kita focus untuk mengikuti kejuaraan di Jogja jadi harus lebih intens,” ujar Riza.
Ia menambahkan, program latihan itu sudah berlangsung sesuai dengan jadwal latihan yang disusun di klub. Dalam program itu, aspek yang lebih diperhatikan oleh pelatih adalah meningkatkan fisik pemain, teknik dasar bela diri taekwondo dan teknik memukul. Itu sudah dijalankan oleh klub selama kurang lebih lima sampai enam bulan terakhir ini.
“Jadi tinggal kita terus intens jalani latihan agar atlet kita lebih matang, termasuk membenah mental atlet,” tuturnya.
Dia berharap agenda latihan yang sementara berjalan itu bisa lebih berkembang lagi, agar bisa mnecapai apa yang diharpkan oleh Tim UTI pro Malut. Lanjut Riza, kejuaraan tersebut dijadwalkan pada Desember mendatang.  “Meski waktunya cukup lama, tapi kami melakukan latihan lebih awal agar kesiapan lebih mantap,” tutup Riza. (mg-02/yun)