MATANGKAN FISIK: pelatih member arahan kepada pemain proyeksi Linus usai memastikan 26 yang dipanggil pada seleksi terakhir, kemarin di Stadion Gelora Kie Raha Ternate MATANGKAN FISIK: pelatih member arahan kepada pemain proyeksi Linus usai memastikan 26 yang dipanggil pada seleksi terakhir, kemarin di Stadion Gelora Kie Raha Ternate

TERNATE — Setelah menjalani tahapan seleksi pemain Persiter proyeksi Liga Nusantara (Linus) 2017, pelatih langsung bergerak melanjutkan program latihan, Kamis (20/4) hari ini di Stadion Gelora Kie Raha Ternate.
Sebelumnya, seleksi yang digelar selama tiga hari itu dihadiri sebanyak 80 pemain. Talenta-talenta muda Persiter tersebut berkompetisi dengan ketat pada tahapan seleksi. Di tahapan pertama, 34 pemain yang berhasil bertahan. Kemudian di tahapan terakhir, ada 26 pemain yang masuk dalam radar Ikram Selang dan dipanggil untuk mengikut program latihan.
Setelah memastikan 26 nama sudah fix, Ikram pun langsung melanjutkan pada tahapan program latihan yang akan dimulai hari ini. Menurut Iksel –panggilan akrab Ikram Selang, semua pemain yang mengikuti tahapan seleksi memiliki potensi yang baik. Namun, sebagai pelatih Iksel harus lebih selektif dan sangat ketat dalam memilih pemain yang akan memperkuat Laskar Kie Raha Ternate untuk mengarungi Liga 3 tersebut.  Menurutnya, 26 pemain yang dipanggil tersebut merupakan pemain-pemain yang dinilai sesuai dengan karakter dan gaya permainan yang diinginkan.
Dengan dasar semua pemain punya kualitas yang baik maka, pada tahapan Training Center (TC) tersebut, Iksel lebih focus pada pemantapan fisik pemain. Memang fisik dinilai pelatih menjadi kekurangan pemain saat menjalani seleksi. Itu disebabkan, tidak adanya turnamen ditambah dengan pemain juga tidak intens menjalani rutinitas latihan. Apalagi Ikram Selang ini merupakan salah satu pelatih yang suke memainkan permainan cepat. Dengan karakter Iksel yang demikian tersebut tentu fisik pemain menjadi menu utama yang harus diterima pada sesi latihan.
“Semua pemain sebenarnya punya potensi yang bagus, bahkan di atas rata-rata. Karena itu, untuk tahapan awal program latihan besok (hari ini, red) focus kita adalah pada aspek fisik,” ujar Iksel saat ditemui di Stadion Gelora Kie Raha Ternate, kemarin.
“26 pemain ini sudah merupakan pilihan terbaik kami. Tapi bagaimana pun tetap ada kekurangan yang harus diperbaiki saat latihan nanti,” sambungnya.
Ikram mengatakan, tim pelatih bergerak cepat untuk melanjutkan program latihan tersebut mengingat waktu bergulir Liga Nusantara yang bakal dihelat pada awal Mei mendatang. Karena itu, untuk mengejar waktu tersebut pelatih pun tidak menunggu lama setelah selesai seleksi. Tak hanya itu, jadwal latihan pun diperpadat dengan menjalani latihan pagi dan sore setiap hari.
“Kita mengejar waktu, karena itu tim ini harus benar-benar siap sebelum pertandingan dimulai,” kata mantan pemain Persiter itu.
Skuad Persiter proyeksi Linus ini memang menjadi prioritas bagi pengurus. Sebab, Persiter diharapkan mampu mengangkat performa klub di pentas sepak bola nasional. Karena itu kesiapan yang baik pun menjadi pekerjaan rumah bagi pelatih. (mg-02/yun)