TERNATE -Salah satu program Menpora   yang di beri tanggunggung jawab pada Dispora Kota Ternate adalah menggelar goes Pesona Nusantara. Agenda tersebut siap digelar pada 22 Juli mendatang di Kota Ternate.
Agenda tersebut akan diikuti enam cabang olahraga yakni, sepak takraw, bola volli, pencak silat, bulu tangkis, tenis lapangam dan bola kaki atau gala desa. Menghadapi program Kemenpora itu, Dispora Kota kini sudah membentuk panitia pada rapat  Selasa (16/5) di  aula kantor Waliko Kota Ternate.  Agenda rapat tersebut juga membicarakan kesiapan tempat dan hal teknis lainnya. Salah satunya Sepak Bolab yang akan digelar di lapangan Sango.
Selain dari enam cabor tersebut, Komunitas bersepada sebanyak 2000 peserta juga dilibatkan untuk melakuakan pawai keliling kota Ternate sesuai rute yang ditentukan. Selain Komunotas sepeda di kota Ternate, ada beberapa daerah juga bakal turut meramaikan balap sepeda, seperti Ace dan Nusa Tenggara Barat. “Ada lagi bebrepa daerah yang bakal meramaikan kegiatan ini tetapi saat ini belum ada konfirmasi,” kata Sukarjan Hirto, Kadispora Kota Ternate, Selasa (16/5).
Sukarjan mengatakan agenda Menpora ini rencananya dihelat pada 22 Juli mendatang dan dibuka langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Menurut Sukarjan agenda tersebut bertujuan untuk mencari bibit atlet dari setiap cabor yang dipertandingkan.
Ia menambahkan, pawai bersepeda tersebut merupakan salah satu agenda Menpora untuk melaksanakan misi perdamaian dunia maupun Indonesia. “Dari Menpora mengharapkan dengan bersepeda ini dapat menyatukan seluruh umat manusia yang ada di Indonesia, termasuk di Malut dengan slogan ayo olahraga,” ujar Sukarjan. Dia berharap dengan adnya agenda tersebut bisa menimbulkan rasa kebersamaan, kepedulian antara pemerintah Kota dan Masyarakat stempat. “Kegiatan Menpora ini dilaksanakn di setiap Provinsi salah satunya Maluku Utara yang dipusatkan di Ternate. Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan dengn sukses,” tutup Sukarjan. (pn/mg-02/yun)