ADE M Nur  dan RAHMAT M. Safi ADE M Nur dan RAHMAT M. Safi

TERNATE — Pertandingan Final Piala Mepora kategori usia 14 tahun akan tersaji sore ini di Stadion Gelora Kie Raha Ternate, Jumat (19/5). Di laga puncak ini, SMP Islam akan bentrok dengan SMP Negeri 7 Kota Ternate. Pertemuan dua tim di final ini tak sekadar unjuk kekuatan siapa yang menjadi pemenang, tapi lebih dari itu, gengsi juga akan mewarnai pertandingan. Yak, laga ini merupakan laga puncak yang syarat akan gengsi dan penuh emosi.
Bagaimana tidak, kedua tim ini se-dari awal sudah digadang-gadang sebagai kandidat peraih juara. Track record yang dicatat kedua tim pun berimbang. Semuanya memulai debut di piala menpora itu dengan sangat manis. Baik SMP Islam maupun SMP 7, sama-sama meraih poin penuh dari 4 kali laga di babak penyisihan grup dengan meraup 12 poin (empat kali meriah kemenangan). SMP 7 misalnya, melaju dengan mulus ke final setelah mengalahkan SMP 3, MTs, SMP 5 dan menundukkan SMP 6 di semi final dengan skor 4-3. Begitu juga dengan SMP Islam. Skuad racikan Ikram Selang itu memulai langkah dengan kemenangan hingga meraih satu tiket final.
Gengsi lain yang akan diadu di laga ini adalah mempertahankan gelar juara dengan merebut gelar yang pertama kali. Ya, sepanjang perhelatan kompetisi sepakbola tingkat SMP di Kota Ternate, SMP 7 tidak sekali pun melangkah sejauh ini (final) apalagi meraih juara. Namun, SMP 7 seperti mengalami peningkatan yang drastis di kompetisi Menpora ini. Hadir sebagai tim under dog, skuad asuhan Rusli Subur ini menghapus tuah yang sudah melekat sejak lama itu. Saat ini SMP 7 sudah di jalur yang tepat dan tinggal selangkah lagi bisa menghapus dahaga gelar pada kompetisi tingkat SMP. Momen ini tentu akan dimanfaatkan dengan baik oleh Rusli untuk bisa membawa pulang gelar yang pertama kali bagi SMP 7.
“Apapu yang terjadi kami harus tampil all out. Kami tetap berjuang hingga akhir, hingga wasit meniupkan tanda pertandingan berakhir. Ini kesempatan yang baik untuk kami, kami akan tunjukkan kalau SMP 7 juga bisa berbicara banyak di kompetisi sepak bola,” tegas Rusli.
Rusli mengatakan, timnya bakal tampil habis-habisan sore nanti. Meski secara fisik, anak asuhannya lebih kecil disbanding pemain SMP Islam. Namun, sebagai pelatih ia sudah menyiapkan semuanya dengan sangat baik. Teknik, mental maupun strategi sudah disiapkan semuanya oleh pelatih yang akrab disapa Uci itu. “Prinsipnya semua pemain siap fight besok (sore nanti, red). Jadi tidak ada masalah,” ucapnya.
Jika SMP 7 ingin membawa pulang trofi sebagia yang pertama, berbeda dengan SMP Islam. Tim asuhan Ikram Selang itu berusaha untuk menambah trofinya yang kelima sekaligus menegaskan diri sebagai tim kuat untuk kompetisi sepak bola tingkat SMP di Kota Ternate. Sebelumnya SMP Islam pernah meraih empat trofi di kejuaraan tingkat SMP yakni, LPI dua kali juar, satu kali Walikota Cup dan satu kali Piala Menpora 2016.
“Semua pemain sudah siap bermain besok (sore ini, red). Soal kekuatan, yang jelas SMP 7 juga punya pemain yang bagus. Kita lihat saja nanti,” ujar Ikram.
Selain adu prestasi tim, laga ini juga menjadi momen adu taktik kedua pelatih, Ikram Selang dan Rusli Subur. Keduanya sama-sama mantan pemain Persiter, punya track record yang cukup meyakinkan. Ikram yang dikenal sebagai pelatih dengan segudang prestasi, begitu juga dengan Uci yang tak kalah tenar dengan segudang pengalaman melatihnya.
Khusus kompetisi tingkat SMP, Iksel selalu diandalkan SMP Islam untuk mendulang trofi. 4 trofi yang dimiliki SMP Islam itu, dua diantaranya adalah hasil racikan Ikram Selang.
Sementara Uci adalah mantan pemain Persiter era 80-an. Uci sudah melanglang buana menjadi pelatih di sejumlah tim local, seperti Mutiara Mangga Dua. Yang menarik adalah, Uci baru pertama kali melatih tim tingkat SMP dan berhasil melijitkan langkah SMP 7 hingga menjadi finalis. (mg-02/yun)

Starting Line Up
SMP Islam :   Sandi (gk), Andika, Raul Buamona (c), Feremurari, Sahlan Kamahi, Haerul Buamona, Sutan Abubakar, Ade M Nur, Abdurahman Ismail, Fausan, Saiful A Kader.
Pelatih: Ikram Selang

SMP N 7 : Wirayuda (gk)  Yayan ahmad, Orisandi, Rahmat A Safi, M Gajali Kamarullah, Firdandi,   Figo Fataruba,  Rafli Maulana (c),  Riski Saputra,  Gunawan Said,  Haris,   Safiyudin Timin.
Pelatih : Rusli Subur