KOMPAK: Atlet bersama pelati Muay thai Kota Ternate usai menjalani latihan KOMPAK: Atlet bersama pelati Muay thai Kota Ternate usai menjalani latihan

TERNATE — Menghadapi Porprov ke II di Halut Agustus mendatang, sejumlah cabor Sekota Ternate masing-masing sudah mematok target, salah satunya cabor Muay Thai. Cabor yang mengandalkan tarungan bebas ini ingin memborong semua medali di kelas yang dipertandingkan.
Dengan target yang sudah diusung itu, pelatih mulai intens melakukan persiapan latihan, terutama memantapkan stamina, mental tanding dan teknik.
Persiapan menuju kejuaraan terakbar Malut itu, cabor perwakilan Ternate ini menyiapkan 12 atlet. Dimana terdapat empat atlet putri dan delapan putra. Sejumlah atlit ini maisng-masing memiliki jam terbang  tinggi, salah satunya Vicky Rajilun. Vicky memang menjadi andalan tim Muai Thai Kota, sebab pengalaman tandingnya sudah sangat tinggi. Tidak saja berlevel nasional, tapi Vicky sudah pernah mewakili Indonesia pada kejuaran lintas Asia di Thailan dan meraih medali perak.
“Kita ingin semua atlet yang diberangkatkan nanti bisa meraih juara, terutama Vicky (Radjloen),” tegas pelatih Muay Thai Kota Ternate, Aries Papuling, Minggu (18/6).
Sejumlah tahapan latihan yang rutin dijalani 12 atlet ini kini mendekati titik maksimal. Dari segi taktik, kecepatan para atletpun sudah mencapai 90 persen. Semntara stamina dinilai masih menjadi salah satu menu utama latihan masin diaanggap minim. Karena itu, Aries yang diberi tanggung jawab sebagai pelatih bakal menggenjot stamina atlet hingga maksimal.
Manrut Aries, perkembangan selama latihan dinilai sudah membawa perubahan yang cukup baik. Dimulai dari kecepatan atlet saat menghadapi lawan tandingnya. Aries mengatakan meski belum melakukan ujitanding dengan atlet diluar Kota Ternate, namun kemampuan 12 atlet ini sudah bisa terlihat ketika melakukan ujicoba antar sesame.
“Kali ini kami lebih perbanyak godok stamina mereka, agar performa labih baik lagi saat tampil nanti,” katanya.
Lanjut Aries, selama Ramadan ini 12 atlet tersebut masih diliburkan. Atlet akan kembali memulai program latih pasca lebaran. Focus utama pada sesi latihan itu adalah memantapkan teknik bertanding dan memaksimalkan stamina.
“Selama Ramadan kami libur. Kami akan kambali focus memantapkan stamina usai lebran nanti. Termasuk juga kami perbaiki kembali teknik dan kecepatan atlet,” ungkapnya. (mg-02/yun)