ILHAM Udin Armayin ILHAM Udin Armayin

PERSIPURA Jayapura akhirnya takluk 1-2 dari Bhayangkara FC pada Go-Jek Traveloka Liga 1 pekan ke-23, akhir pekan kemarin di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Adalah striker Bhayangkara FC, Ilham Udin Armaiyn yang membawa petaka bagi Mutiara Hitam. Pemain asal kelahiran Lelei Halmahera Selatan itu memborong dua gol kemenangan The Guardian –julukan Bhayangkara FC.
Gol pertama dicetaknya menit ke-77. Prosenya saat terjadi serangan balik yang dibangun Dany Saputra dari sayap kiri berhasil mengacaukan pertahanan Persipura. Bola yang diumpan pada Ilham Udin di dalam kotak penalti langung disambutnya dengan tendangan keras hingga mengoyak jala gawang Persipura yang dikawal Yoo Jae Hon.
Asa anak asuh Simon MacMenemy yang sudah di atas angin dipupus Ian Kabes lewat gol dari tembakan bebas menit 88. Tendangan bebas langsung diperoleh Mutiara Hitam setelah Prisca Womsiwor dijatuhkan di luar kotak 16 meter.
Sisa 3 menit tambahan waktu sepertinya Persipura begitu yakin untuk membawa pulang satu poin dari Bekasi.
Ternyata petaka datang dipenghujung injury time. Berawal dari pelanggaran yang dibuat Muhammad Taher. Bola hasil tendangan bebas yang diambil Paulo Sergio berhasil diterobos Ilham Udin Armaiyn dari luar kotak pinalti. Tendangannya tidak mampu dibendung Yoo Jae Hon yang harus meratap gawangnya kebobolan untuk kali kedua sekaligus memupus kesempatan mencuri satu poin.
Seusai laga, Ilham Udin membuat pengakuan malu-malu di depan pelatihnya, Simon McMenemy. Sebelumnya, dua gol yang dicetak pemain binaan SSB Gamalama Ternate itu tercipta pada menit ke-77 dan injury time, atau tepatnya setelah Evan Dimas Darmono masuk menggantikan Dendi Sulistyawan sehingga Ilham menempati posisi sayap yang sebelumnya ditempati Dendi.
Ilham Udin yang bermain sejak awal pertandingan memang ditempatkan sebagai gelandang oleh Simon McMenemy dalam pertandingan tersebut hingga Evan Dimas masuk lapangan pada menit ke-72.
Perubahan posisi Ilham Udin telah memperlihatkan bahwa pemain muda yang pernah berada satu tim dengan Evan Dimas kala masih di Timnas Indonesia U-19 itu memang merupakan pemain serbabisa.
Namun, ketika ditanya posisi apa yang lebih nyaman bagi dirinya, Ilham menjawab dengan malu-malu karena harus mengungkapkannya di depan sang pelatih, Simon McMenemy.
"Kalau disuruh memilih, saya memilih bermain sebagai striker. Namun, jika harus menjadi gelandang juga tetap harus dijalani," ujar Ilham dalam keterangan persnya sembari malu-malu yang memancing sang pelatih Simon McMenemy tersenyum begitu mengetahui jawaban Ilham dari interpreter yang menemaninya.
Pemain asal Ternate menyebut kedua gol itu dipersembahkan kepada ibunda tercinta dan suporter Timnas Indonesia yang belum lama ini menjadi korban jiwa karena rocket flare di Stadion Patriot, Catur Yuliantono.
"Dua gol tadi saya persembahkan untuk ibu saya yang selalu memberikan doa kepada saya dan juga kepada suporter yang menjadi korban belum lama ini. Namun, satu hal kemenangan ini berkat kerja keras teman-teman semua. Semoga ke depan kami bisa lebih baik dan lebih baik lagi," ujar Ilham.
Gol Ilham Udin Armaiyn membuat Bhayangkara FC berada di puncak klasemen sementara Liga 1 2017 dengan 46 poin dari 23 laga. The Guardians menggeser Bali United ke posisi kedua dengan hanya terpaut dua poin. Namun, Bali United baru akan menjalani laga pekan ke-23 dengan bertandang ke markas Borneo FC, Stadion Segiri, pada Senin (11/9) sore ini.
Wanderley Junior, pelatih Persipura mengaku pertandingan kemarn berjalan seru. Kedua tim hati-hati bermain.
"Kita harus fokus pertandingan berikut melawan Balikpapan. Kita akan pertahankan prestasi hingga meraih posisi puncak," kata Wanderley dalam sesi press conference usai pertandingan.
Menurutnya kecolongan satu gol di menit akhir, bukan karena faktor kelelahan tim, namun lebih pada kosentrasi pemain yang buyar.
"Kecolongan menit akhir bukan karena pemain kelelahan, tapi inilah sepak bola. Dalam latihan kemarin fisik kami bagus," katanya.
Simon McMenemy menilai gol tunggal Persipura melalui tendangan bebas Ian Kabes merupakan gol yang sangat bagus.
"Bagaimana kami bisa menyetop tendangan bagus seperti itu. Saya apresiasi kemampuan itu, ketika tim mereka ketinggalan skor yang saya pikirkan Persipura memang layak membawa pulang satu poin," ujarnya. (net/yun)