PEMANTAPAN: Skuad Persiter proyeksi Piala Soeratin saat menjalani latihan di Stadion Gelora Kie Raha PEMANTAPAN: Skuad Persiter proyeksi Piala Soeratin saat menjalani latihan di Stadion Gelora Kie Raha

TERNATE – Jelang putaran nasional komptisi PSSI yang bakal diputar pada Oktober mendatang, menuntut semua tim peserta untuk memasukkan data pemain. Namun, tiga tim perwakilan Malut hingga saat ni belum memasukkan data pemain ke pengurus Persiter untuk diserahkan ke Asprov PSSI Malut.
Pada putaran nasional, tiga tim yang akan tampil dikategori masing-masing itu semua diwakilkan oleh Persiter Ternate. Yakni di kategori Piala Soeratin, Liga U-15 dan Liga 3. Ketiga tim Persiter ini sukses menjadi wakil Malut di tingkat nasional, setelah sebelumnya di putaran zona Malut berhasil menjadi juara. Nah, untuk tampil di tingkat nasional pada Oktober mendatang, tim peserta diminta untuk segera mendaftarkan data pemain yang akan memperkuat tim masing-masing.
“Sampai saat ini belum ada satu tim pun yang masukkan data pemain ke kami (pengurus Persiter, red). Padahal deadline pendaftaran tim ke PSSI itu pada tanggal 15 September. Jadi kami harap ketiga tim ini harus segera memasukkan nama-nama pemain, paling lambat besok sore,” kata Sekretaris Umum Persiter Ternate, Amin Subuh, kemarin (12/9).
Amin mengatakan, ketiga tim saat ini memang masih harus membentuk skuad dan menyusun kerangka tim dengan materi-materi pemain yang baik. Karena itu, membutuhkan sedikit waktu untuk menyeleksi pemain-pemain yang dianggap layak dan sesuai karakter pelatih masingi-masing. Namun demikian, menurut Amin tidak harus sampai menghalangi proses pendaftaran ke PSSI. Ia menegaskan, PSSI sudah mengeluarkan jadwal dengan sangat detail mulai dari deadline pendaftaran, jadwal meeting maupun waktu pertandingan.
“Memang waktu pertandingan belum dipastikan, tapi sudah diputuskan akan dimulai pada Oktober nanti. Sedangkan, jadwal batas pendaftaran dan meeting sudah dipastikan,” ungkapnya.
Sebelumnya, Asprov PSSI Malut melalui Exco, Asgar Saleh sudah menyampaikan deadline pendataran dan jadwal meeting. Khusus untuk liga 3, venue play off bakal digelar di Jawa Timur. Sedangkan Piala Soeratin dan U-15 kick- off akan dilaksanakan 8 Oktober mendatang. Kemudian, meeting manager akan dilaksanakan pada 22 September mendatang.
Amin menerangkan, ketiga tim Persiter yang mewakili klub kebanggaan Kota Majang ini sudah diberi kuota pemain sebanyak 21 pemain. Jumlah tersebut sudah termasuk tiga orang penjaga gawang di masing-masing tim. Amin berharap, dengan ketentuan waktu hingga sore ini, sudah dimasukkan data-data peman.
Sementara manajer tim Soeratin, Nuryadin Rachman mengatakan, tim yang dimanajerinya itu siap memasukkan data pemain untuk didaftar ke PSSI. Menurut Nuryadin, jumlah pemain yang mengikuti latihan saat ini sebanyak 30 orang. Nah, dengan jumlah tersebut pelatih bakal memanggil 21 sesuai ketentuan yang diberikan pengurus Persiter. Nuryadin berjanji, tim yang dimanajerinya itu akan memasukkan data pemain pada Kamis (14/9) besok.
“Memang kerangkat tim sudah ada. Hanya, sedikit lambat karena banyak pemain. Maka, tentu kita harus melihat pemain-pemain yang susuai syarat, seperti usia pemain. Tapi yang jelas, kami pastikan akan memasukkan pada tanggal 14,” jelas NR.  (yun)