MENATAP SEMIFINAL: selebrasi pemain timnas Indonesia U-19 saat memenangkan laga terakhir grup B melawan Brunei, sore kemarin MENATAP SEMIFINAL: selebrasi pemain timnas Indonesia U-19 saat memenangkan laga terakhir grup B melawan Brunei, sore kemarin

TIMNAS Indonesia U-19 dipastikan menjadi juara Grup B Piala AFF U-18 2017. Hasil tersebut terjadi setelah semua tim yang ada di Grup B menyelesaikan pertandingan terakhir pada hari Rabu (13/9) kemarin waktu setempat.
Pada pertandingan sore kemarin, Indonesia dengan perkasa membekuk Brunei dengan skor delapan gol tanpa balas di Thuwunna Stadium. M Rafli Nursalim bermain bagus dengan mengemas tiga gol. Sementara, Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri kompak mencetak dua gol. Satu lagi untuk Indonesia dicetak oleh Hanis Saghara Putra.
Kemudian, pada laga malam hari, tuan rumah Myanmar berjumpa dengan Vietnam. Meski tidak diunggulkan, rupanya Myanmar justru mampu meraih kemenangan lewat cara yang dramatis dengan lebih dulu tertinggal dari Vietnam.
Vietnam yang hanya butuh hasil imbang untuk lolos lebih dulu unggul 1-0 pada babak pertama. Tapi, permainan The Golden Star menurun pada babak kedua. Hasilnya, Myanmar mampu mencetak dua gol dan membalikkan kedudukan.
Hasil ini membuat Indonesia kini menjadi juara Grup B dengan 9 poin dan surplus 15 gol. Myanmar berada di posisi kedua, juga dengan 9 poin dan surplus 14 gol. Sementara, Vietnam ada di posisi ketiga. Dengan demikian, maka Indonesia akan berjumpa dengan Thailand yang menjadi runner up Grup A. Sementara, Myanmar akan berjumpa dengan Malaysia yang menjadi juara Grup A.
Pelatih timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri menegaskan tak mempermasalahkan siapapun lawan anak-anak asuhnya di babak semifinal. Entah itu Malaysia atau Thailand, timnas U-19 akan siap mengalahkan mereka.
"Kami tak masalah menjadi juara grup atau runner up nantinya. Yang pasti lawan kita adalah Thailand dan kita juga sudah siap melawan," ujar Indra.
Namun, ditambahkan oleh Indra, meski berhasil lolos dengan kemenangan besar, dia tak berpuas diri. Menurutnya, anak-anak asuhnya masih punya sejumlah kelemahan yang masih harus dibenahi.
"Yang jelas tim ini masih ada kekurangan dan kita terus perbaiki. Besok kami akan satu kali latihan jelang laga semifinal hari Jumat," tutur Indra.
Sukses Timnas Indonesia U-19 memastikan diri lolos dari Grup B Piala AFF U-18 2017 disambut gembira oleh Wanderley Junior. Pelatih Persipura Jayapura ini menilai raihan Garuda Nusantara lebih dari sekadar keajaiban.
"Kemenangan besar lawan Brunei, yang memastikan Indonesia lolos, bukan sekadar keajaiban. Tim ini bekerja keras, untuk mencari kemenangan besar, dari awal sampai akhir pertandingan," ujar Wanderley.
Menurut pelatih asal Brasil ini, selain bekerja keras, skuad besutan Indra Sjafri ini juga mampu menunjukkan kekuatan mental mereka. Dalam tekanan berat, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan tetap bisa menunjukkan jati diri permainan mereka.
"Mereka bermain sebagai sebuah tim. Mereka juga main untuk memenangi pertandingan dengan skor besar, yang akhirnya mampu mereka capai," tuturnya.
Kendati telah berjuang keras, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan diminta tak terbawa euforia. Wanderley meminta mereka untuk mengalihkan fokus ke Semifinal. "Mereka harus segera berkonsentrasi mempersiapkan diri untuk Semifinal. Pasti lawan yang dihadapi lebih bagus daripada sebelumnya," tandasnya.
Laga semifinal sendiri akan digelar pada 15 September 2017 atau hanya berselang dua hari usai laga melawan Brunei. Oleh karena itu, Indra akan fokus untuk memulihkan kembali stamina anak-anak asuhnya dalam masa jeda yang singkat tersebut.
"Recovery pemain jadi perhatian karena jeda istirahat hanya satu hari. Kami harap pemain tetap fokus demi asa meraih juara Piala AFF U18 ini," tutupnya. (net/yun)