AHMAD Lodja Idrus AHMAD Lodja Idrus

TERNATE – Putara nasional kompetisi PSSI bakal digulirkan di dua Kota, Jogja dan Magelang akhir pecan ini. Yakni, Piala Soeratin dan Liga U-15. Pada dua kategori ini, Persiter pun berhasil keluar sebagai kontestan dalam perburuan gelar juara nasional.
Setelah teknikal meeting dan drawing , Minggu malam lalu Persiter pun langsung mengetahui lawan yang akan dihadapi di putaran nasional akhir pekna ini. Ya, untuk tim Soeratin sesuai hasil drawing telah menempati grup F. Di grup tersebut, anak asuh Rahmat Poci Rivai bersama tiga tim lainnya yaitu Bengkulu, Bali dan Sumatera barat.
Sementara untuk kategori U-15, Persiter menghuni di grup G bersama Bangka Belitung dan Kalimantan Tengah. Melihat hasil drawing ini, pelatih Persiter U-15 Ahmad Lodja Idrus mengaku optmis bisa membuahkan hasil maksimal di babak penyisihan grup nanti. Dengan tidak meremehkan dua tim lawannya itu, tapi Maluku Utara punya track record baik saat menghadapi dua provinsi tersebut. Ya, Kalimantan Tengah pernah mengakui ketangguhan Maluku Utara pada Piala Menpora U-16 September lalu di Magelang. Di ajang tersebut, Maluku Utara menantaskan permainan dengan skor 3-1 atas Kalteng.
“Saya bersyukur bisa menempati grup G yang hanya ada tiga tim. Kalau melihat kekuatan tim lawan memang tidak pasti, tapi yang jelas Bangka Belitung dan Kalteng ini Maluku Utarapernah mengalahkan mereka di ajang nasional,” ungkap Lodja, kemarin (9/10).
Lodja menilai tim asuhannya ini memang masih punya kekurangan di aspek mental. Hal itu karena rata-rata pemain rekrutannya belum kenyang pengalaman tanding berlevel nasional. Namun demikian, menurutnya hal itu tidak mematahkan semangat tim untuk tampil maksimal dan bisa menciptakan kejutan.
“Untuk taknik dan program latihan saya pikir sudah sangat baik. Perkembangan tim juga sudah cukup oke. Hanya mental pemain yang mungkin masih sedikit kaku, tapi itu tidak masalah,” katanya.
Perkembangan tim yang signifikan itu terbutki saat tim asuhan Lodja itu diikutkan pada Gala Desa yang digelar Dispora Kota Ternate baru-baru ini. Event Kemenpora itu, pasukan Lodja sukses meraih juara meski lawan yang dihadapi rata-rata beda usia di atas mereka.
Sementara itu, tim Persiter U-15 dijadwalkan akan bertolak ke Jogja pada Selasa (10/10) hari ini dengan membawa kekuatan 25 pemain. Jumlah tersebut merupakan hasil rekrutan yang cukup ketat dan berkualitas sepanjang seleksi dan jalani program latihan.
“Besok (hari ini, red) tim sudah diberangkatkan ke Jogja. Karena untuk kategori U-15 mendapat venue pertandingan di Jogja, jadi kita langsung ke Jogja. Kalau masih ada waktu di sana, mungkin kita agendakan uji coba. Jika tidak, maka kita focus pada conditioning jelang pertandingan,” terang Bos Indonesia Muda Ternate ini.
Sementara untuk tim Soeratin yang menempati grup F juga tak kalah diunggulkan. Apa lagi, di kompetisi resmi PSSI ini, Persiter punya sejarah manis dengan meraih tropi turnamen usia dini yang paling tertua di tanah air itu. Tak hanya itu, skuad yang saat ini diasuh Rahmat Poci Rivai ini pun mendapat perhatian dari tim lain sebagai salah satu tim yang diunggulkan. Pasalanya, selain punya sejarah manis, Persiter juga diasuh pelatih muda berpengalaman. Poci sendiri memang tercatat pelatih sukses di Piala Soeratin, setelah pada tahun lalu membesut Persihaltim dan menembus perempat final putaran nasional.
Pasukan Poci saat ini sudah berada di Magelang sejak Jumat (6/10) pecan kemarin. Poci yang memilih curi star untuk berangkat lebih awal tersebut karena ingin menggelar program uji tanding dengan beberapa tim sebelum kick off. Selain itu, selama ada program latihan tambahan yang bakal diberikan Poci sambil menunggu jadwal pertandingan pada akhir pecan ini.
“Sebelum kick off, kita intens jalani latihan dan ada beberapa uji coba yang digelar. Ini untuk meningkatkan permainan tim dan menjaga kebugaran pemain agar tetap berada pada peak performance,” kata Poci.
Poci berharap, semua pemain tetap bermain sesuai instruksi pelatih dan bisa menerapkan strategi yang sudah diajarkan sepanjang latihan selama ini, baik di Ternate mau pun di Magelang saat ini.
“Ya, pengurus, official serta tim pelatih berharap pemain bisa tampil bagus dan memenangi pertandingan,” katanya. (yun)