SKUAD Tim Persiter U-15 SKUAD Tim Persiter U-15

TERNATE – Putaran pertama kompetisi PSSI Liga U-15 nasional telah selesai. Persiter U-15 pun tak ketinggalan mengisi slot di babak 16 besar. Ya, pertanding di laga terakhir, di lapangan UNJ Jogjakarta, Kamis (19/10) kemarin, anak asuh Ahmad Lodja Idurs berhasil mengalahkan Bangka Belitung dengan skor telak 3-0.
Hasil yang diraih tersebut adalah pembukuktian konsistensi tim asuhan Lodja di pentas nasional. Dua laga yang dimainkan di grup G, meraih dua kemenagan beruntun. Ini merupakan modal yang cukup baik untuk menatap laga knock out nanti. Sebelumnya, Pasukan Lodja Idurs telah membantai Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan skor 6-1. Di lag akedua, Muhammad Arya cs kembali membuktikan konsistensi permainan mereka dengan kemenangan, sekaligus melaju ke babak 16 dengan status juara grup.
Menurut pelatih, permainan yang tunjukkan di laga kemarin sangat baik. Sebab, instruksi pelatih terlihat dijalankan oleh pemain. Sejak babak pertama, pasukan Lodja sudah menunjukkan kemampuan mereka sebagai salah satu tim yang patut diperhitungkan. Bermain terbuka dan menyerang langsung diperagakan sejak kick off dibunyikan. Hasilnya, 3 gol langsung mewarnai laga babak pertama untuk Persiter U-15. Usai turun menum, Persiter yang sudah unggul justru tampil makin menyerang. Seolah menunjukkan kemampuan mereka sebagai tim kuat. Namun, hingga laga usai tak ada gol yang tercipta. Persiter versus Bangka Belitung mengakhiri laga dengan skor 3-0 untuk kemenangan Persiter.
“Anak-anak (pemain, red) bermain cukup baik. Penampilan yang konsisten hari ini (kemarn, red). Semua berjalan sesuai instruksi. Ini laga yang baik bagi kami, kami berharap konsistensi ini terus berlanjut,” ujar Lodja, via telpon, malam tadi.
Satu hal yang menarik di laga kemarin adalah terciptanya tiga gol yang memeriahkan pesta kemenangan Persiter U-15 tersebut. Ya, Muhammad Arya Salim adalah sosok pahlawan kemenangan tim Laskar Kie Raha Jr, kemarin. Bagaimana tidak, hat rick Arya tersebut lah yang membawa Malut menggenggam tiket 16 besar putara nasional Liga U-15.
Menurut Lodja, setiap gol yang tercipta adalah hasil kerja sama yang baik antar pemain. Terciptanya tiga gol oleh Arya adalah buah dari kerja dan keras kekompakan permainan. Sebagai pelatih yang tidak meng-emas-kan pemain, Lodja tetap berkepala tegak dengan hat rick Arya tersebut. Menurutnya, permainan Arya cukup baik. Ia sangat cocok dimainkan di striker dan bekerja sama dengan baik bersama teman-temannya di lini depan.
“Semua pemain tampil baik. Arya memang menunjukkan kemapuan yang cukup fantastic dengan menciptakan tiga gol. Itu adalah hasil kerja sama tim yang sangat baik,” ujar Lodja.
Sekadar diketahui, Arya adalah pemain yang dipungut dari SSB Motiloa, Kecematan Ibu, Kabupaten Halbar. Awalnya, pelatih Arya yang menawarkan untuk mengikuti seleksi di Persiter U-15. Dan Lodja yang diberi tanggung jawab untuk menangani tim langsung melihat talenta anak muda asal Halbar tersebut cocok dengan karakter permainannya.
“Awalnya pelatihnya di SSB minta ke saya untuk ikut seleksi. Saya bilang datang saja dulu, nanti saya lihat. Ya, setelah saya pantau-pantau ternyata gaya dan karakter permainannya cocok dengan keinginan saya. Alhamdulillah, dia juga menunjukkan permain yang baik dan menjaga kepercayaan yang saya berikan,” ungkap Lodja.
Partai 16 besar bakal dihelat pada Minggu (22/10) pagi akhir pecan ini. Lawan yang akan dihadapi pasukan Lodja adalah runner up grup H. Calon lawan bagi tim polesan Lodja sudah diketahui, yakni antara Sumatera Selatan (Sumsel) atau Riau yang baru akan bertanding sore ini. Tapi yang jelas, salah satu dari kedua tim itu bakal menjadi penantang berikut Persiter U-15 di babak gugur nanti.
Menghadapi partai krusial itu, Lodja pun membenahi sejumlah kekurangan yang dinilai masih perlu. Salah satu yang dievaluasi adalah koordinasi dan transisi permainan di lini tengah. Sisahnya, menurut Lodja sudah sangat baik, tinggal menjalani conditioning agar tetap menjaga kebugaran pemain.
“Sedikit kekurangan kita di koordinasi dan kerja sama lini tengah dengan pemain penyerang. Tapi itu tidak masalah. Yang jelas, kami siap menghadapi lawan siapa saja di 16 besar ini,” tegasnya. (yun)