Pemain Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri saat menjalani latihan Pemain Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri saat menjalani latihan

JAKARTA - Latihan ringan langsung diberikan oleh Indra Sjafri kepada para penggawa Timnas U-19 sesaat setelah mereka tiba di Korea Selatan, kemarin (29/10). Kondisi cuaca yang sangat dingin, 11 derajat serta diterpa oleh angin kencang memaksa Indra tidak bisa berlama lama membiarkan para pemainnya di dalam lapangan.
"Kami terpaksa hanya menjalani latihan ringan agar para pemain bisa beradaptasi dengan cuaca di sini, meski cuaca begitu dingin" kata Indra. "Tapi semua pemain kami masih berada dalam kondisi terbaik dan sudah siap untuk menjalani pertandingan pertama dua hari nanti," tambah pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu.
Ya, beberapa jam setelah tiba di hotel tempat pemain menginap, Indra langsung memboyong Rachmat Irianto dan kawan-kawan ke Paju National Football Centre, venue babak kualifikasi grup F Piala Asia U-19 2018 yang akan berlagsung 31 Oktober - 8 November mendatang. Di sana, mereka berlatih ringan selama 90 menit.
Rifad Marasabesy, salah satu pemain Garuda Nusantara -- julukan Timnas U-19 -- mengakui bahwa, mereka harus berjuang keras untuk melawan cuaca dingin di Korea. "Karena cuaca di sini (Korea, Red) lebih dingin dibandingkan saat kami mengikuti turnamen di Prancis, Juni lalu," kata pemain muda Madura United itu.
Dia menambahkan, untuk melawan cuaca dingin tersebut, semua pemain langsung menggunakan jaket tebal selama berada di Korea. "Siang hari saja sudah sangat dingin, kami belum tahu kalau suasana di malam hari seperti apa. Tapi, kami sudah punya tekad bulat untuk tidak menyerah dengan kondisi ini," tutur pemain asal Maluku itu.
Dalam even tersebut, Indonesia bersama tuan rumah Korea Selatan, serta Timor Leste, Malaysia dan Brunei Darussalam berada di grup F. Indonesia akan menjalani pertandingan perdana melawan Brunei Darussalam pada Selasa (31/10) siang hari waktu Korea. Indonesia sudah pasti lolos ke putaran final karena bertindak sebagai tuan rumah di 2018 mendatang. (jpg/yun)