PRESTASI: Kepala Dispora Kota Ternate Sukarjan Hirto saat menyerahkan piala liga SSB kepada tim Cordoba, Senin (28/12). PRESTASI: Kepala Dispora Kota Ternate Sukarjan Hirto saat menyerahkan piala liga SSB kepada tim Cordoba, Senin (28/12).

TERNATE - Liga SSB U-13 dan 14 se-Kota Ternate 2015 yang digulir kurang lebih dua pekan, berakhir Senin (28/12). Laga yang tersaji di Stadion Gelora Kie Raha antara SSB Cordoba melawan SSB Tunas Gamalama, dimenangkan Cordoba dengan skor tipis 1-0, lewat gol yang dicetak pemain bernomor punggung 10, Andi Rahman.
    Mengawali laga dengan semangat, Tunas Gamalama menampilkan permainan agresif, seakan ingin mengulangi kesuksesan seniornya menjuarai Turnamen Pemuda Cup I. Namun, optimistis itu ditahan sang juara bertahan Cordoba dengan baik.
    Laga final dilalui dengan tempo sedang, meski sesekali kedua tim mendapat peluang mencetak gol. Gol baru didapat Cordoba di penghujung laga, tepatnya 3 menit sebelum laga usai. Yakni lewat sepak pojok Andi Rahman. Dengan demikian, SSB Cordoba keluar sebagai juara pertama, diikuti SSB Tunas Gamalama dan juara tiga bersama SSB Gama Delama dan SSB Olimpic.
    Pelatih Kepala SSB Cordoba Samsudin Kodja mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya. Dia mengatakan kunci keberhasilan menjuarai Liga SSB ini adalah disiplin dan motivasi tinggi. "Bukan hanya di level turnamen, di pertandingan persahabatan antara SSB pun saya minta untuk menangkan pertandingan. Dan itu saya sudah tanamkan kepada mereka," katanya.
Sementara, pelatih SSB Tunas Gamalama Jhoni Dano Lelong tidak menyesali kekalahan mereka. Menurutnya, anak asuhnya tampil bagus namun belum dinaungi dewi fortuna. "Kedepan kita akan evaluasi tim, dengan memperbanyak latihan dan perbanyak skema pertandingan agar bisa diaplikasikan saat menghadapi turnamen nanti,” tandasnya.
Pada seremoni penutupan turnamen, piala dan bonus diberikan kepada masing-masing perwakilan tim. Sedangkan untuk juara pertama diberikan langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate, Sukarjan Hirto. Dalam sambutanya, ia mengimbau kepada seluruh pengurus SSB untuk terus meningkatkan program latihan. "Kita juga akan lakukan evaluasi untuk seluruh SSB," pungkas Sukarjan. (cr-06/jfr)