Muabdin H Radjab Muabdin H Radjab

SOFIFI –Sekretaris Provinsi (sekprov) Muabdin H. Radjab merespon cepat hasil temuan Komisi IV DPRD Provinsi (Deprov) Malut tentang kondisi cabang dinas pendidikan dan kebudayaan (Cadikbud) kabupaten kota yang serba kekurangan. Mulai dari staf, hingga mobiler kantor. Namun, mantan kepala Inspektorat Malut itu berjanji akan mengisi personil cadikbud pada bulan Juni mendatang.
"Memang jabatan eselon IV dan staf belum dilengkapi. Saya sudah berencana mengisi personil Cadikbud sebelum puasa ini. Tapi karena bertepatan dengan pelantikan bupati, sehingga ditunda .Nanti bulan Juni baru diisi," ungkap Sekprov, kepada Malut Post Kamis (18/5). Muabdin mengungkapkan, sudah memerintahkan Kadikbud untuk melakukan analisis jabatan sesuai kemampuan dan latar belakang disiplin ilmu. Berapa banyak staf yang dibutuhkan di masing-masing Cadikbud.
Dia meminta agar saat analisis jabatan, tenaga guru tidak dimasukan dalam jabatan struktural. Tenaga guru yang dimutasi  ke dinas, agar segera dikembalikan ke sekolah. "Beberapa guru yang dimutasi ke dinas akan dikembalikan ke sekolah asalnya. Sebab sekolah saat ini kekurangan guru. Dari pada mereka tidak punya job yang jelas, mandingan dikembalikan ke sekolah untuk mengajar," ungkapnya.
Sementara untuk fasilitas kantor, Muabdin mengaku belum bisa mengakomodir dalam waktu dekat. Sebab, anggaran belanja mobiler cadikbud tidak ada dalam APBD induk 2017. Dia berharap sementara waktu bertahan dengan kondisi seadanya. "Kebutuhan fasilitas kantor ini bukan sedikit, butuh anggaran yang besar. karena bukan saja mobiler, fasilitas komputer yang ada pada 10 Cadikbud juga harus disediakan. Jika memungkinkan, kita usahakan di perubahan APBD. Kalau tidak maka harus menunggu APBD induk 2018," terang Muabdin. (udy/wat)