TERNATE – Pasca divonis bebas hakim dalam sidang Dugaan Korupsi Pembangunan Masjid Raya Sanana, Kepulauan Sula, Ahmad Hidayat Mus (AHM) langsung mengambil formuli di kantor DPD PDI-P yang beralamat di Kelurahan Santiong, Kecamatan Ternate Tengah Kamis (15/6) kemarin. Pendaftaran AHM di PDI-P ini diwakili oleh Wakil Ketua Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar Malut, M Syukur Mandar, yang diterima langsung Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur dari DPD PDIP, Djasman Abubakar.
“Saya mewakili AHM yang saat ini berada di luar Ternate untuk mengambil formulir pendaftaran di DPD PDI-P. Tentu saja kami akan segera memenuhi persyaratan dan prosedur yang berlaku untuk mendaftarkan AHM menjadi calon Gubernur Malut, serta akan mengembalikan formulir dengan membawa kelengkapan persyaratannya,”  kata M Syukur Mandar usai mengambil formulir balon gubernur.
Selain di PDIP, Syukur mengaku, tim AHM juga telah mendaftar di beberapa partai lainya untuk menjadi Balon Gubernur. “Ada partai PKB, PPP, PBB, PKPI, jadi totalnya udah ada lima partai kan, dan kami mendaftar sebagai orang nomor satu di Provinsi Maluku Utara,” ucapnya.
Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur dari DPD PDIP, Djasman Abubakar mengaku, AHM merupakan peserta ke delapan yang mendaftar menjadi Balon Gubernur di PDIP. Sebelumnya menurut dia, sudah pernah ada balon lain yang mendaftar.
 “Sejak kita buka hingga hari ini, sudah ada 8 calon gubernur dan empat calon wakil gubernur yang mendaftar, antara lain, AHM, KH Abdul Gani Kasuba, Amin Drakel, Namto Hui Roba, Abdurahman Lahabato, kemudian H Rudi Erawan, dan Kapten Ali Ibrahim, serta Ir Zein Mansur. Untuk Calon Gubernur, sementara Calon Wakilnya, ada Ir Ikram Haris, Pak Hein Namotemo, Anton Piga dan Prof Dr Rusman Soleman,” jelasnya. (mg-04/wat)