Djafar Ismai Djafar Ismai

SOFIFI – Lanjutan pekerjaan Masjid Raya Sofifi tahun ini kembali dikerjakan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 miliar. Anggaran ini hanya dikhususkan untuk pembangunan fondasi. Tahun 2016 lalu, ada pekerjaan pemancangan tiang dengan anggaran Rp 2 miliar. Hal ini disampaikan kepala dinas PU Djafar Ismail, kepada Malut Post Kamis (16/6).
Djafar menjelaskan, anggaran pekerjaan fondasi Rp 4 miliar ini baru tahap proses tender. Ditargetkan bulan Juli, pekerjaan sudah bisa dilaksanakan. “Lokasi pembangunan masjid raya sekarang tergenang air, sehingga harus dikeringkan dulu dengan cara membuat tempat penampungan. Sehingga saat proses pekerjaan nanti air disekitar lokasi sudah kering,” jelasnya.
Menurut Djafar, tahap pembangunan awal ini belum terlihat.  Sebab masih fokus pada penyelesaian pekerjaan dasarnya berupa pemancangan tiang dan fondasinya. Dia memperkirakan tahun 2018 nanti, bangunan masjid raya ini akan sudah terlihat. “Sesuai perencanan, tahun 2018 nanti akan diusulkan pembangunan lanjutan dengan anggaran kurang lebih Rp20 miliar. Artinya progres bangunan sudah bisa terlihat. Kalau Rp 6 miliar ini belum terlihat, karena baru dasarnya yang dibangun,” terangnya.(udy/wat)