Ahmad Purbaya Ahmad Purbaya

SOFIFI - Kabar gembira buat Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemprov Malut. Pasalnya, gaji ke-13 dan ke-14 yang ditunggu-tunggu akhirnya dibayar. "Gaji ke-13 dan ke-14 sekarang sudah mulai dibayar," aku kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Ahmad Purbaya, kepada Malut Post dua hari lalu.
Purbaya mengatakan, pembayaran gaji ke-13 dan ke-14 ini tergantung permintaan dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Lanjutnya, BPPKAD akan memproses anggaran gaji ke-13 dan ke-14 bagi OPD yang lebih dulu mengajukan permintaan. "Tergantung OPD mana yang lebih dulu membuat pengajuan, itu yang dibayar duluan," aku Purbaya.
Besaran gaji ke-13 yang dibayar adalah satu kali gaji ditambah tunjangan. Sementara gaji ke-14 yang dibayar hanya sekali gaji pokok tanpa tunjangan. Lebih jauh, mantan pejabat Halmahera Selatan (Halsel) ini mengatakan total anggaran yang disiapkan pemprov untuk membayar gaji ke-13 ini kurang lebih Rp 30 miliar. Atau mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya kurang lebih Rp 15 miliar. Peningkatan anggaran gaji ke-13 ini seiring dengan adanya kebijakan pengalihan guru tingkat SMA/SMK dari kabupaten kota ke provinsi.  "Kalau anggaran gaji ke-14 ini, saya belum hitung tapi dibayar sesuai dengan golongan," tukasnya. (udy/wat)