Pengoperasian RSJ Sofifi Terkendala Jalan Masuk

  • Wednesday, Sep 13 2017
SINEGITAS: RUMAH SAKIT Jiwa di Sofifi belum dioperasikan karena terkendala dengan jalan masuk SINEGITAS: RUMAH SAKIT Jiwa di Sofifi belum dioperasikan karena terkendala dengan jalan masuk

SOFIFI – Pembangunan perkantoran Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sofifi sekarang ini sudah rampung. Bahkan, sejak tahun 2015 lalu Dinas Kesehatan (Dinkes) telah berencana megoperasikan RSJ ini. Namun,  rencana tersebut gagal karena jalan masuk menuju RSJ sekitar 500 meter belum diaspal.
"Kami sudah Usulkan berulang kali ke dinas PU, tapi alasannya selalu dicoret saat pembahasan APBD," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Idhar Sidi Umar, kepada Malut Post Selasa (12/9). Idhar mengaku, pihaknya sudah menyiapkan seluruh fasilitas pendukung untuk mengisi bangunan rumah sakit tersebut. "Semua peralatan sudah diadakan. Bahkan personilnya juga sudah dilatih dan sementara dititipkan di rumah sakit umum Sofifi. Kalau jalan sudah dibangun, RSJ langsung beroperasi," ungkapnya.
Dia mengaku, sudah menyediakan dokter umum. Begitu juga dokter spesialis yang rencana dikontrak. "Kalau dokter spesialis tahap awal dua orang sudah cukup. Ditambah dengan dokter umum," katanya sembari mengaku, masyarakat sangat berharap rumah sakit tersebut segera dioperasikan. Sebab penderita penyakit kejiwaan di Malut cukup banyak. "Yang dipasung saja, sesuai data kami diatas 20 orang. Bahkan ada pasien yang datang ke rumah sakit tapi belum dioperasikan. Karena itu saya berharap secepatnya jalan ini dibangun, sebab sejak 2015 kami sudah siapkan kelengkapannya, tinggal beroperasi saja," tukasnya. (udy/wat)