Terlibat Politik, Panwascam Patani Utara Dipecat

  • Wednesday, Nov 01 2017

TERNATE –Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Malut akhirnya memutuskan memecat anggota Panwascam Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Udin Salasa secara tidak terhormat. Udin Salasa dipecat karena terbukti terlibat politik tahun 2016 lalu yakni menjadi tim kampanye Bupati dan Wakil Bupati Halteng Edi Langkara dan Ode Yani.
“Pemecatan ini sudah sesuai dengan hasil kajian Bawaslu, berdasarkan klarifikasi Riswan Naim sebagai pelapor, Udin Salasa sebagai terlapor dan Ketua Panwaslu Halteng Munawar Wahid.
“Hasilnya, Udin Salasa tidak memenuhi syarat dan pecat. Karena yang bersangkutan terbukti terlibat politik dengan manjadi saksi dan tim kampanye di Elang Rahim,” ujar Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin di Kantor Bawaslu kemarin (31/10).
Lanjut Muksin, pihaknya juga mengkaji motif Udin Salasa lolos sebagai Panwascam. Namun, hasil kajiannya,  membuktikan tidak ada unsur kesengajaan dari panwaslu untuk meloloskan Udin. ”Setelah kita periksa ternyata sejak pendaftaran, uji publik, tes wawancara sampai pleno kelolosan, itu panwaslu tidak mendapat laporan dari masyarakat terkait pelanggaran tersebut. Itu menjadi dasar bahwa panwaslu tidak sengaja meloloskan Udin,” ucapnya.
     “Kasus Udin Salas aini bukan pelanggaran kode etik, tapi memang tidak memenuhi syarat menjadi Panwascam. Jadi kami perintahkan ke Panwaslu Halteng menggelar rapat pleno untuk memberhentikan Udin Salasa sebagai panwascam terpilih dan segera menggelar rapat pleno untuk melakukan pergantian antar waktu (APW),” tutup Muksin. (tr01/wat)