Abdul Ghani Kasuba Abdul Ghani Kasuba

SOFIFI – Gubernur Abdul Ghani, Kasuba sepertinya kecewa dengan sejumlah SKDP di lingkup Pemprov Malut. Ini terlihat dari reaksi AGK pasca kegiatan WIFT. Diam-diam, AGK mengungkapkan
pimpinan SKPD yang diangkat banyak yang tidak bisa kerja atau tidak punya kemampuan dalam melaksanakan tugas. Menurut AGK, hanya empat orang kepala SKPD yang dianggap punya kemampuan dan memiliki jiwa inovasi kerja. Mereka adalah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Buyung Radjilun, kepala dinas Perumahan dan kawasan permukiman (disperkim) Santrani Abusama, kepala Dinas PU Djafar Ismail dan kepala Dinas Penanaman Modal Daerah pelayanan terpadu satu pintu (DPMD-PTSP) Nirwan M.T Ali. "Cuma empat orang ini saja yang saya anggap punya inovasi bagus dalam melaksanakan tugas," aku gubernur kepada Malut Post dua hari lalu.
Politisi PKS ini lantas mengatakan, indikator kemampuan SKPD ini pada penyelenggaraan event Widi International Fishing Tournament (WIFT) yang baru selesai gelar. Meski di tengah keterbatasan anggaran, keempat pimpinan SKPD ini tidak memandang sebagai masalah, tapi tetap melakukan kesiapan sesuai tanggungjawab yang diberikan. Menurut AGK, berbeda dengan SKPD lain yang hanya berharap anggaran. Jika tidak ada anggaran, maka tidak bisa berbuat apa-apa.
" SKPD lain sangat memprihatinkan. Bahkan membuat stand untuk pameran saja tidak bisa. Padahal itu (Buat Stand, red) hal kecil. Ini harus saya jujur agar mereka mengevaluasi diri," ungkapnya.
Meski begitu, gubernur tidak memberikan ketegasan untuk mengevaluasi para pimpinan SKPD ini. "Yang lainnya, saya anggap masih biasa-biasa saja," tukasnya.(udy/wat)

4 Pimpinan SKPD di Mata Gubernur
(Dianggap punya Kreatif dan Inovatif)


A. Kadis PU Djafar Ismail

* Berbulan-bulan sudah stay di lokasi
* Melakukan persiapan infrastruktur
* Meski banyak orang meragukan kemampuannya, bahkan meminta diganti bagi saya (AGK, red) dia (Djafar Ismail, red) orang baik.


B. Kadis DKP Buyung Radjilun

* Mampu hadapi kekurangan dalam persiapan event WIFT yang begitu besar
* Semua bisa jalan meski kalau jujur masih banyak kekurangan

C. Kadis PMD-PTSP Nirwan M.T Ali
* Mampu menyiapkan kegiatan expo maritime
* Pengunjung yang sangat luar biasa


D. Kadis Perkim Santrani Abusama
* Menyiapkan home stay di desa sekitar Widi

E. Dinas yang lain ini, bekerja tunggu ada anggaran. Artinya, kinerja mereka belum bagus